Berita Terkini: Zidane: Juara Liga Champions Rasanya seperti Juara Piala Dunia

Gelar Liga Champions 2015-16 yang baru saja diraih Real Madrid makin melengkapi deretan trofi bergengsi Zinedine Zidane. Mengangkat trofi Si Kuping Besar bagi Zidane sama indahnya seperti menjadi juara Piala Dunia.

Sejak memulai karier profesionalnya tahun 1986 hingga pensiun di tahun 2006, Zidane sudah bergelimang gelar baik di level klub maupun tim nasional. Bersama Bordeaux, Zidane memenangi Piala Intertoto tahun 1995, lalu bareng Juventus, Zidane punya dua gelar Serie A, satu gelar Piala Super UEFA, satu gelar Piala Interkontinental, dan Piala Intertoto.

Karier bermainnya mencapai puncak ketika dia dibeli Madrid pada 2001 dengan torehan satu gelar Divisi Primera, satu gelar Liga Champions, satu gelar Piala Super UEFA, dan satu gelar Piala Interkontinental.

Deretan gelar di level klub itu melengkapi dua torehan emas bersama timnas Prancis yakni final Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Piala Dunia 1998 boleh jadi yang paling berkesan untuk Zidane, karena, selain digelar di negara sendiri, Zidane juga menciptakan dua dari tiga gol kemenangan Les Bleus atas Brasil di final.

Tapi ada satu lagi gelar yang disebut Zidane sama spesialnya dengan menjadi juara dunia, yakni trofi Liga Champions. Trofi Si Kuping Besar baru saja didapat Zidane dalam kapasitasnya sebagai pelatih Madrid.

Pada laga final yang dihelat di San Siro, Minggu (29/5/2016) dini hari WIB, Madrid mengalahkan Atletico Madrid lewat drama adu penalti yang tuntas dengan skor 5-3, setelah main imbang 1-1 selama 120 menit.

Itu membuat Zidane jadi orang ketujuh yang meraih gelar Liga Champions sebagai pemain dan pelatih. Bahkan dia yang pertama memenanginya sebagai pemain, asisten pelatih, dan pelatih.

“Pada akhirnya menjadi juara Liga Champions itu sama hebatnya seperti memenangi Piala Dunia,” ujar Zidane di Eurosport.

Comments
Loading...