Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

30 Ribu Bendera Catalonia akan Dikibarkan vs BATE

206

Kelompok nasionalis Catalan dikabarkan bakal mengibarkan 30 ribu bendera kemerdekaan Catalonia ketika Barcelona menghadai BATE Borisov pada matchday 4 Liga Champions 2015-16, Kamis 5 November. Aksi itu mereka lakukan sebagai bentuk protes kebijakan UEFA yang melarang fans mengibarkan bendera Catalunya di pertandingan Barcelona.

Kabarnya, sebanyak 300 sukarelawan dari beberapa grup prokemerdekaan Catalonia akan memberi fan Barcelona bendera saat Barcelona berlaga di Stadion Camp Nou.

“Tidak seorang pun dapat mengatur dimana dan kapan kami (orang-orang Katalan) ingin memperlihatkan simbol-simbol,” ucap Jordi Sanchez, Presiden Majelis Nasional Katalan, organisasi prokemerdekaan terkait pemisahan Katalan dari Spanyol.
UEFA sudah mendenda Barcelona sebesar 40 ribu euro akibat ulah suporter yang mengibarkan bendera Katalunya saat Luis Suarez dkk menang 2-1 atas Bayer Leverkusen Oktober lalu. Hal itu merupakan sanksi kedua yang diterima Barcelona. Sebelumnya, mereka didenda 30 ribu euro atas kasus yang sama saat mengalahkan Juventus di final Liga Champions Mei lalu.

Menurut pandangan UEFA, bendera-bendera itu merupakan bentuk pelanggaran. UEFA menganggap penggunaan bendera Catalonia telah mencampuradukan sepak bola dengan unsur politik.

Keinginan rakyat Catalan untuk memerdekakan diri dari pemerintahan Spanyol memang menghangat belakangan ini. Terutama setelah partai-partai prokemerdekaan memenangi kursi mayoritas di parlemen Catalonia di Barcelona untuk pertama kalinya pada pemilihan umum bulan lalu.