Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

5 Fakta Menarik Serie A Giornata Ke-12

350

Football5Star.com, Indonesia – Sejumlah fakta menarik tersaji di sepuluh laga pada giornata ke-12 Serie A. Dua di antaranya dicetak dua klub besar, AS Roma dan Inter Milan. Namun, ada juga torehan rekor spesial dari pemain asal klub semenjana, Simone Verdi (Bologna).

Ketiganya termasuk dalam 5 fakta menarik Serie A giornata ke-12 yang berhasil dihimpun Football5Star. Berikut adalah kelima fakta menarik tersebut.

Roma Patahkan Rekor Inter
AS Roma menang di kandang Fiorentina.
tuttomercatoweb.com

Kemenangan 4-2 yang dibukukan AS Roma atas Fiorentina punya makna tersendiri. Kemenangan di kandang I Viola tersebut membawa I Giallorossi menorehkan rekor baru di Serie A. Itu merupakan ke-12 secara beruntun di kandang lawan. Roma mengalami kekalahan tandang untuk kali terakhir pada Januari silam. Kala itu, mereka kalah 2-3 di kandang Sampdoria.

Roma mematahkan rekor Inter Milan. Pada musim 2006-07, tim yang kala itu diasuh Roberto Mancini mengukir 11 kemenangan tandang beruntun di Serie A. Saat itu, rekor I Nerazzurri terhenti pada giornata ke-31 karena hanya bermain imbang 0-0 di kandang Reggina.

Dua Gol Istimewa Verdi
Simone Verdi cetak dua gol dari tendangan bebas dengan kaki berbeda.
hk01.com

Saat Bologna kalah 2-3 dari Crotone, sebuah sensasi dibuat oleh Simone Verdi. Dia mencetak dua gol lewat tendangan bebas. Hebatnya, itu dilakukan dengan kaki berbeda. Gol pertama dengan kaki kiri, sedangkan gol kedua dilesakkan dengan kaki kanannya.

Menurut Opta, itu adalah kali pertama seorang pemain membuat gol dari tendangan bebas dengan dua kaki berbeda dalam satu laga di Serie A sejak 2004-05. Pada Mei 2014, Paulinho juga mencetak dua gol dari tendangan bebas kala Livorno kalah 3-5 dari Udinese. Namun, kedua gol itu dijaringkan dengan kaki kanannya.

Sampdoria Samai Catatan 1953
Sampdoria memenangi Derbi Genoa tiga kali beruntun.
tuttomercatoweb.com

Kemenangan yang diraih Sampdoria pada giornata ke-12 terbilang istimewa. Pasalnya, itu dibukukan dalam Derby della Lanterna di kandang Genoa. Kemenangan itu pun membuat Il Samp selalu memenangi tiga derbi terakhir. Sebelumnya, mereka menang 2-1 dan 1-0 pada dua pertemuan dengan Genoa pada musim lalu.

Tiga kemenangan beruntun di Derby della Lanterna merupakan yang pertama dalam lebih dari enam dekade. Kali terakhir hal itu dibukukan Sampdoria pada 1953. Il Samp berturut-turut menang dengan skor 2-1 pada 3 Desember 1950, 3-2 (22 April 1951), dan 1-0 (22 November 1953).

Inter Unbeaten dalam 12 Laga Awal Musim
Inter Milan tak terkalahkan dalam 12 laga awal di Serie A.
toronews.net

Inter Milan memang menuai hasil mengecewakan pada giornata ke-12. Anak-anak asuh Luciano Spalletti hanya bermain imbang 1-1 saat menjamu Torino di kandang mereka, Stadion Giuseppe Meazza.

Meskipun demikian, hasil imbang itu membuat I Nerazzurri tetap tak terkalahkan dalam 12 laga awal musim. Itu sesuatu yang langka. Kali terakhir prestasi itu diraih pada musim 2007-08 atau tepat satu dekade lampau. Saat itu, I Nerazzuuri malah tak terkalahkan padalam 25 giornata secara beruntun dari awal musim. Kekalahan baru diterima pada giornata ke-26 di kandang Napoli dengan skor 0-1.

Laga Lazio vs Udinese Ditunda
Hujan deras paksa wasit batalkan laga Lazio vs Udinese.
tuttomercatoweb.com

Satu pertandingan di Serie A kembali harus dibatalkan gara-gara cuaca buruk. Kali ini, pertandingan Lazio vs Udinese yang harus dijadwal ulang. Pasalnya, hujan deras yang terbilang lama membuat lapangan di Stadion Olimpico tergenang. Wasit Luca Banti bersama kedua kapten sempat beberapa kali memeriksa kondisi lapangan sebelum memutuskan laga harus dijadwal ulang.

Sebelumnya, pihak Serie A juga dipaksa menunda pertandingan Sampdoria vs AS Roma yang sedianya digelar pada 9 September silam. Penyebabnya sama, yakni cuaca buruk yang membuat lapangan di Stadion Luigi Ferraris tergenang air.