Ada Kalanya Barcelona Tidak Mau Jadi Yang Pertama

Sebagai salah satu klub terkuat di dunia, Barcelona tentu mau menjadi yang pertama dalam segi apa pun. Namun, jika terkait rekor buruk di FIFA Club World Cup, tentu El Barca tidak mau menjadi yang memulai.

Barcelona akan bertanding melawan Guangzhou Evergrande di semifinal FIFA Club World Cup 2015. Sebagai wakil dari UEFA, El Barca memang memiliki keuntungan langsung tampil di babak tersebut sebagai juara Liga Champions lain.

Selama ini, belum pernah ada wakil Eropa yang tersandung di babak semifinal FIFA Club World Cup. Sejak format seperti sekarang digelar pada 2005, sudah ada sepuluh perhelatan yang dilalui. Dalam kesempatan itu, ada delapan klub Eropa berbeda yang berlaga. Semuanya sukses memenangi laga hingga akhirnya menembus final.

Barcelona malah spesial. Mereka menjadi satu-satunya klub Eropa yang pernah melakoni semifinal FIFA Club World Cup lebih dari satu kali. Sebelum tahun ini, El Barca sudah menjalaninya sebanyak tiga kali tepatnya pada 2006, 2009, dan 2011. Hasilnya sangat baik, semua disapu bersih dengan kemenangan.

Atas dasar ini, Barcelona tentu tidak mau ternoda menjadi wakil Eropa pertama yang tersingkir di babak semifinal FIFA Club World Cup. Mereka jelas berambisi menang atas Guangzhou Evergrande di edisi kali ini. Selain di atas kertas jauh lebih kuat, Guangzhou ternyata belum pernah melewati fase semifinal. Terakhir mereka menjalaninya adalah pada 2013. Namun, laju mereka dihentikan oleh Bayern Muenchen.

Comments
Loading...