Agnelli: VAR Harus Digunakan di Liga Champions

51

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Presiden Juventus sekaligus Presiden European Club Association (ECA), Andrea Agnelli bersikeras teknologi VAR harus digunakan di Liga Champions. Musim depan, bagi dirinya VAR telah layak diperkenalkan di Liga Champions dan Liga Europa.

“Kita tak bisa melihat ke belakang, kita ingin VAR diadopsi di Kompetisi Eropa secepatnya,” ujarnya saat pertemuan ECA di Split, Kroasia.

Agnelli mengaku telah menemui Presiden UEFA, Aleksandar Ceferin dan membicarakan mengenai kemungkinan VAR digunakan di Kompetisi Eropa. Cerefin menyanggupi permintaan dari ECA, namun harus berbicara dengan anggota UEFA yang lain.

“Presiden UEFA, Aleksander Ceferin memahami posisi kami (ECA) dan mengatakan bahwa VAR akan digunakan. Namun, UEFA terdiri dari 53 federasi dan membutuhkan berbagai persiapan sebelum benar-benar bisa digunakan.”

Salah satu kesulitan VAR belum bisa digunakan di Kompetisi Eropa adalah mengenai kompetensi wasit. UEFA pun tengah mengadakan pelatihan kepada wasit mengenai penggunaan VAR.

UEFA, FFP, Aleksander Ceferin
Zimbio

“Kami (CEA) sangat menghormati permintaan UEFA bahwa wasit harus diberikan pelatihan yang tepat. Tujuannya adalah agar mereka dapat bekerja sesuai dengan wasit-wasit lain yang di kompetisi lokal telah memperkenalkan VAR.”

Seperti yang diketahui, Serie A Italia menjadi kompetisi yang telah memperkenalkan VAR sejak musim 2017-18. Untuk musim ini, LaLiga dan Liga Primer Inggris juga telah memperkenalkan VAR.

Agnelli pun berharap musim depan Liga Champions dan Liga Europa sudah bisa mengadopsi teknologi VAR agar kesalahan wasit bisa kembali dikurangi.

“Kami berharap UEFA memperkenalkan teknologi VAR ke Liga Champions dan Liga Europa,” tutupnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.