Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Bayern Akan Punya Philipp Lahm Baru

226

Football5Star, Indonesia – Putusan Philipp Lahm pensiun pada akhir musim lalu memiliki arti buruk bagi Bayern Munich. Putusan itu antara lain membuat jumlah bintang asli didikan akademi kian berkurang. Tinggal Thomas Mueller dan David Alaba yang tersisa. Namun, legenda Bayern, Giovane Elber, yakin paceklik itu akan berakhir.

“Saat ini, memang sumbangan tim junior bagi tim senior sedang tidak bagus. Tapi, saya yakin akan ada lagi pemain-pemain seperti (Bastian) Schweinsteiger dan Lahm,” tutur pencetak gol terbanyak Bundesliga musim 2002-03 tersebut di Jakarta, Sabtu (8/7/2017).

Setelah Alaba dan Holger Badstuber yang diorbitkan pada 2009-10 oleh pelatih Louis van Gaal, Die Roten seperti berpuasa. Beberapa talenta sempat diorbitkan, namun tak satu pun yang melesat. Sebut saja Pierre-Emile Hoejbjerg, Gianluca Gaudino, Lucas-Julian Scholl, dan Sinan Kurt.

Keyakinan Elber didasari tekad kuat Bayern. “Saya yakin karena Bayern punya fasilitas akademi yang bagus, pelatih-pelatih bagus, dan sistem kepelatihan yang juga oke,” lanjut dia.

Mei silam, manajemen Die Roten secara resmi memperkenalkan Bayern Campus sebagai markas baru bagi tim-tim junior dan wanita Die Roten. Kompleks seluas 30 hektare dan menelan biaya 70 juta euro tersebut akan mulai dihuni pada 1 Agustus mendatang.

Tak hanya itu, manajemen Bayern juga menarik asisten pelatih Hermann Gerland untuk mengepalai akademi. Itu karena Gerland adalah sosok yang berandil besar mengorbitkan Schweinsteiger, Lahm, Mueller, Badstuber, dan Alaba.

Menurut Elber, untuk bisa melesat menjadi bintang, kemampuan olah bola saja tidaklah cukup. Mentalitas juga berperan penting. Inilah yang dia tengarai jadi salah satu sebab kemandekan para talenta muda Die Roten. “Ada banyak talenta muda yang bermimpi menjadi pemain besar namun gagal hanya karena mereka terlalu cepat berpuas diri,” pungkas dia. (SeppGinz)