Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Bekuk Fiorentina, Roma Rebut Puncak Klasemen

121

AS Roma berhasil mengambil alih puncak klasemen Serie A berkat kemenangan atas Fiorentina di Stadion Artemio Franchi pada Giornata ke-9, Minggu (26/10).

Edin Dzeko menebar ancaman bagi gawang Fiorentina pada awal babak pertama. Tembakan bomber Roma itu dari luar kotak penalti Fiorentina mampu diamankan oleh penjaga gawang Ciprian Tatarusanu.

Laga berjalan enam menit, Roma akhirnya berhasil unggul atas Fiorentina. Mohamed Salah membobol gawang mantan klubnya dengan tembakan yang mengarah ke pojok gawang berkat assist Miralem Pjanic.

Fiorentina berusaha menyamakan skor, tetapi peluang yang didapat oleh Facuno Roncaglia dan Nikola Kalini belum menemui sasaran. Begitu pula tembakan jarak jauh Matias Vecino dan Josip Ilicic yang mampu diblok pemain Roma.

Roma menggandakan keunggulan pada menit ke-34 melalui Gervinho. Berawal dari serangan balik, Alessandro Florenzi menyodorkan bola yang langsung disambar Gervinho tanpa mampu dijangkau kiper lawan.

Jelang turun minum, tendangan bebas Pjanic sedikit terlalu tinggi dari gawang Fiorentina. Alhasil, Roma menyudahi babak pertama dengan keunggulan dua gol tanpa balas atas Fiorentina.

Pada babak kedua, Fiorentina bernapsu mengejar gol untuk memperkecil ketertinggalan. Pelatih La Viola, Paulo Sousa menurunkan Giuseppe Rossi untuk meningkatkan daya gedor meski berhasil diredam oleh pertahanan rapat Roma.

Roma harus melanjutkan laga dengan sepuluh pemain menyusul kartu kuning kedua yang didapat oleh Salah pada menit ke-87. Khouma Babacar pun dimainkan menggantikan Gonzalo Rodriguez yang mengawal jantung pertahanan Fiorentina.

Keputusan Sousa terbukti jitu lantaran Babaca mencetak gol penghibur bagi Fiorentina pada injury time. Akan tetapi, gol tersebut tidak mampu menghindarkan tuan rumah dari kekalahan saat menjamu Roma dengan skor 1-2.

Roma akhirnya menggeser Fiorentina dari puncak klasemen dengan koleksi 20 poin. Pascakalah dari Roma, Fiorentina turun satu peringkat di atas Inter yang sama-sama meraih 18 poin.

Posisi keempat klasemen dihuni klub asal Roma lainnya yakni Lazio yang membungkam Torino tiga gol tanpa balas di Stadion Olimpico pada saat yang bersamaan. Gol Lazio masing-masing dicetak oleh Senad Lulic (40′) dan Felipe Anderson (70′ & 90′).

SUSUNAN PEMAIN
FIORENTINA: Tatarusanu; Roncaglia, Gonzalo Rodriguez (Babacar 82), Astori; Blaszczykowski (Rossi 61), Vecino, Badelj (Mati Fernandez 61), Bernardeschi; Borja Valero, Ilicic; Kalinic
AS ROMA: Szczesny; Florenzi, Manolas, Rudiger, Digne; Pjanic (Torosidis 79), De Rossi (Vainqueur 37), Nainggolan; Salah, Dzeko, Gervinho (Gyomber 89)