Berita Bola: Gara-gara Tiga Bintang Scudetto, Juventus Dihukum Dua Juta Euro

Juventus kembali harus berurusan dengan masalah hukum. Kali ini, Juventus dihukum oleh pengadilan arbitrase olahraga lantara melanggar kesepakatan yang mereka buat dengan sebuah perusahaan apparel asal Amerika Serikat, Nike.

Kasus ini terjadi pada 2012 lalu. Kala itu, Nike menolak untuk menaruh satu bintang di atas logo klub yang terpampang di kostum.

Akan tetapi, pihak Juventus meminta Nike untuk menggunakan tiga bintang di atas logo klub sebagai tanda kemenangan Scudetto ke-30 mereka. Nike pun menolak permintaan tersebut dengan beralasan bahwa secara de jure Juventus baru mendapatkan Scudetto ke-28 akibat skandal Calciopoli pada 2006 silam.

Singkat kata, kedua pihak akhirnya mencapai kesepakatan. Nike kemudian membuatkan kaus bertuliskan “30 sul campo” yang bermakna 30 gelar di lapangan. Akan tetapi kesepakatan itu tidak berlangsung lama. Juventus membuat Nike kebakaran jenggot lantaran menjual kostum dengan tiga bintang di atas logo klub.

Keduanya akhirnya tak meneruskan kerjasama mereka pada 2013 lalu. Namun Nike memilih untuk memperkarakan masalah ini di pengadilan arbitrase olahraga dan menuntut ganti rugi sebesar 80 juta Euro.

Pihak pengadilan memutuskan Juventus diharuskan membayar dengan jumlah yang jauh lebih kecil, yaitu 2 juta Euro.

Menanggapi keputusan tersebut, Juventus pun masih keberatan.

“Jumlah yang harusnya kami bayarkan jauh di bawah dua juta Euro. Jumlah ini tidak sesuai, karena penjualan tersebut menguntungkan Nika. Pengadilan juga mengetahui hal itu. Juventus memiliki hak, termasuk mengajukan banding,” tulis situs resmi Juventus.

Comments
Loading...