Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Berita Bola: Mengapa Timnas Inggris Harus Dilatih Orang Irlandia Utara?

135

Penjaga gawang legendaris Inggris, Peter Shilton, mendorong Federasi Sepak Bola Inggris (FA) untuk menunjuk Martin O’Neill sebagai pelatih tim nasional.

Bukan tanpa sebab Shilton menyarankan O’Neill yang berasal dari Irlandia Utara. Dia melihat bahwa negaranya tengah mengalami krisis pelatih berkualitas.

Hal itu turut tercermin dari daftar manajer di Premier League. Dari 20 tim kontestan, hanya empat di antaranya memercayai orang Inggris sebagai manajer.

“Anda membutuhkan kemampuan mengatur kelompok dan bisa mengeluarkan kemampuan terbaik. Ini bukan cuma perkara taktik atau metode latihan, tetapi juga bagaimana pemain menaruh respek kepada Anda,” kata Shilton kepada Omnisport,

“Dalam hal ini, saya tidak melihat ada orang Inggris yang bisa dikategorikan hebat.

“Oleh karena itu, saya pernah berkata kepada FA untuk mempertimbangkan O’Neill. Dalam hal manajemen, dia tergolong sangat baik. Dia meraih sejumlah gelar, mengeluarkan kemampuan terbaik dari Irlandia.

“Saya mengatakan hal itu sebelum penunjukan Roy Hodgson. Namun, tidak orang yang mendengarkan saya,” ucap Shilton.

Kini, ketika kursi pelatih tim nasional Inggris lowong pasca pengunduran diri Sam Allardyce, Shilton pun memberikan saran serupa.

“Mungkin hal ini belum terlalu terlambat. Saya ingin seorang pelatih yang benar-benar bisa membuat pemain berjuang. Kami belum melihatnya dalam beberapa turnamen terakhir,” ujar Shilton.

Sementara, FA belum mengumumkan pengganti permanen untuk Allardyce. Untuk empat laga ke depan, Inggris bakal dipimpin oleh Gareth Southgate selaku pelatih interim.