Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Boneka Nazi Mirip Schweinsteiger Beredar di Tiongkok

106

Gelandang Manchester United dan timnas Jerman, Bastian Schweinsteiger mungkin sedang uring-uringan. Pasalnya, tanpa sepengetahuan dirinya, produsen boneka asal Tiongkok justru meluncurkan boneka dengan nama “Bastian”.

Tak hanya kesal soal nama. Pesepak bola berusia 31 tahun itu juga marah karena wajah boneka tersebut cukup mirip dengannya dan sedang menggunakan seragam tentara Nazi.

Keberadaan boneka “Bastian” mendapat sorotan tajam dari media massa Jerman. Mayoritas mengecam tindakan perusahaan Tiongkok tersebut karena mencampuradukkan sepak bola dengan Nazi. “Pahlawan sepak bola kami Bastian Schweinsteiger adalah seorang tentara Nazi,” tulis salah satu media besar di Jerman, Bild.

Tudingan Bild dan Schweinsteiger langsung ditanggapi oleh perusahaan boneka tersebut, DiD.

“Kami tidak pernah membuat boneka berdasarkan figur pemain sepak bola. Jadi semua kemiripan tersebut semata adalah karena ketidaksengajaan,” ujar Patrick Chan perwakilan dari DiD yang juga memproduksi boneka James Bond dan boneka tentara perang dunia 1.

“Figur itu berdasarkan tipikal wajah orang Jerman. Kami meyakini, kebanyakan orang Jerman berwajah seperti itu. Sementara, Bastian juga merupakan nama yang umum digunakan di Jerman,” lanjut Chan.

Schweinsteiger sepertinya tidak terima dengan penjelasan pihak DiD. Buktinya, ia berencana menuntut perusahaan pembuat boneka tersebut dalam waktu dekat.

“Ini jelas merupakan pelanggaran terhadap hak-hak Schweinsteiger. Penggambaran dia mengenakan seragam swastika (seragam khas tentara Nazi) adalah kasus yang jelas terkait pencemaran nama baik dan penghinaan,” tegas pengacara Schweinsteiger, Ulrich Amelung.