Ederson Didiagnosis Mengidap Kanker

Football5Star.com, Indonesia – Mantan penggawa Olympique Lyon dan Lazio, Ederson Honorato campos, dinyatakan mengidap kanker testis. Hal itu diumumkan oleh klub Ederson saat ini, Flamengo, Selasa (25/7/2017). Pemain berumur 31 tahun itu direncanakan menjalani operasi pada Senin pekan depan.

Dalam konferensi pers yang dihadiri Presiden Flamengo Eduardo Bandeira de Mello, Kepala Tim Medis Marcio Tannure, dan Direktur Sepak Bola Rodrigo Caetano, terungkap bahwa kanker tersebut diketahui lewat tes doping.

Dalam tes yang dilakukan dalam dua laga pada medio Mei silam, ditemukan hal yang mencurigakan. Urine Ederson dinyatakan mengandung Beta HCG yang meningkatkan produksi testosteron. Inilah yang menyebabkan kanker testis.

Ederson yang memperkuat Lazio pada 2012-15 mengaku terpukul tapi tetap optimistis. “Kabar ini sangat memukulku. Aku sangat sedih, tapi tetap tenang,” kata dia.

Lebih lanjut, dia berujar, “Ini adalah pertempuran lain yang harus kuhadapi. Aku telah memenangi beberapa pertempuran lain dalam hidupku. Aku yakin pertempuran ini pun akan kumenangi dan segera kembali secepatnya untuk bermain sepak bola lagi.”

Pemain yang mulai menyita perhatian kala memperkuat Nice di Ligue 1 itu patut berbesar hati. Menurut Dr. Henrique Rodrigues, dari Departemen Uro-Oncology Brazilian Society of Urology, dalam banyak kasus, pengidap kanker jenis ini bisa pulih.

“Sekitar 97 persen pasien bisa disembuhkan setelah melewati penanganan medis yang mungkin melibatkan operasi, kemoterapi, dan radioterapi,” ungkap dia kepada GloboEsporte.

Di dunia olahraga, pebalap sepeda asal Amerika Serikat, Lance Armstrong adalah salah satu survivor kanker jenis ini. Dia bahkan bisa kembali mengikuti lomba balap sepeda begitu dinyatakan sembuh. Kiper Sassuolo, Francesco Acerbi, juga pernah menderita kanker serupa dan bisa kembali bermain.

Comments
Loading...