Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Fancy Bears Bocorkan Pemain yang Doping di Afsel 2010

89

Football5Star.com, Indonesia – Kelompok hacker bernama Fancy Bears baru-baru ini membongkar nama-nama pemain yang lolos tes doping, meski para pemain tersebut memakai obat terlarang. Tak tanggung-tanggung, para peretas ini menyebut ada 150 pesepak bola dari seluruh dunia yang menggunakan doping pada 2015.

Dari beberapa nama yang dibeberkan, pemain asal Argentina menjadi yang terbanyak disebut. Pada gelaran Piala Dunia 2010, para peretas menyebut setidaknya lima pemain Albicelecte masuk daftar mereka. Mereka adalah Carlos Tevez, Juan Sebastian Veron, Gabriel Heinze, Walter Samuel, dan Diego Milito.

Mereka menyebar kabar mengejutkan ini setelah mendapat bocoran dari dokumen World Anti Document Agency (WADA).  Untuk kasus pemain Argentina, dinyatakan bahwa mereka menerima pemberian Therapeutic Use Exemptions (TUEs) setelah mengonsumsi beberapa obat selama turnamen berlangsung.

Selain Piala Dunia 2010, Fancy Bears juga mengungkapkan bahwa hingga kini, ada 200 pesepak bola yang menggunakan doping selama bertanding. Seperti yang terjadi di Inggris, yang mengatakan ada sembilan tes yang gagal diuji oleh UK Anti Doping (Ukad). Empat diantaranya positif menggunakan kokain dan satu ekstasi. Namun, hanya tiga pemain yang dihukum.

Salah satu di antaranya ialah Jake Livermore yang positif menggunakan kokain pada musim lalu. Ia gagal dalam tes urine ketika masih membela Hull City jelang pertandingan melawan Crystal Palace. Hal ini membuat dirinya diskors oleh FA dan klubnya pada Mei tahun lalu.