Gasak Legia, Napoli Catatkan Poin Sempurna

235

Tren positif Napoli di Liga Europa musim ini berlanjut. Anak asuh Maurizio Sarri menang atas Legia Warsawa pada laga pamungkas fase grup di Stadion San Paolo, Kamis (10/12).

Napoli yang menurunkan skuat lapis kedua kesulitan membongkar pertahanan Legia pada awal laga. Hanya tendangan bebas Dries Mertens pada menit kesembilan yang mampu mengancam gawang tim tamu.

Pada menit ke-32, Nathaniel akhirnya memecah kebuntuan Napoli usai memanfaatkan assist Omar El Kaddouri. Sembilan menit kemudian, giliran Lorenzo Insigne mencatatkan nama di papan skor melalui tendangan bebas.

Jelang turun minum, Legia gagal memperkecil ketinggalan setelah upaya Duda dikandaskan penjaga gawang Gabriel. Napoli balik mengancam, tetapi Mertens kembali gagal menyarangkan bola ke gawang Legia.

Pada babak kedua, Legia berusaha memperbaiki performanya. Klub asal Polandia itu merepotkan Gabriel lewat tembakan terarah Jurica Vranjes yang gagal berbuah gol pada menit ke-56.

Satu menit berselang, justru Napoli yang berhasil memperlebar jarak dengan Legia. Jose Callejon yang masuk menggantikan Insigne berhasil mencetak gol usai memanfaatkan umpan Mertens dari tendangan bebas.

Lima menit kemudian, Legia membobol gawang Napoli setelah Vranjes memanfaatkan assist Aleksandar Prijovic untuk menaklukkan Gabriel.

Napoli balik membalas Legia dengan terciptanya gol keempat melalui sontekan Mertens. Gol tersebut tidak lepas dari kejelian Callejon mengirim umpan matang.

Pada injury time, kedua kubu saling menciptakan masing-masing satu gol. Mertens mencetak gol keduanya pada menit ke-91, sedangkan Prijovic berhasil membobol gawang Napoli sesaat kemudian.

Skor 5-2 untuk keunggulan Napoli atas Legia bertahan sampai laga usai. Napoli pun kokoh di puncak klasemen D dengan poin sempurna dari enam laga.

I Partenopei pun lolos ke babak 32-Besar bersama FC midtjylland yang mengoleksi tujuh poin usai menahan imbang Club Brugge dengan skor 1-1. Brugge dan Legia akhirnya menempati dua posisi terbawah.

Napoli juga mematahkan rekor klub yang mencetak gol terbanyak sepanjang fase grup Liga Europa. Dengan total 22 gol, Napoli berhasil melampaui pencapaian FC Red Bull Salzburg musim lalu yang mengoleksi 21 gol.

SUSUNAN PEMAIN

Napoli: Gabriel, Strinic, Valdifiori, Maggio, Mertens, David Lopez, Chiriches (Luperto 79′), Insigne (Callejon 55′), Koulibaly (Albiol 68′), El Kaddouri, Chalobah
Legia Warsawa: Kuciak, Pazdan, Jodlowiec, Lewczuk, Guilherme, Duda (Trickovski 71′), Nikolic (Prijovic 60′), Kucharczyk (Pablo Dyego 79′), Bereszynski, Vranjes, Broz