Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Guardiola Ingin Bayern Catat 100 Persen Penguasaan Bola

109

Pelatih Bayern Muenchen merasa makin jemawa usai skuat asuhannya membantai Arsenal dengan skor 5-1 pada matchday 4 Liga Champions 2015-16, Rabu 4 November. Berkaca dari kemenangan itu, Guardiola percaya skuat asuhannya bisa menang dengan cara yang elegan pada laga-laga selanjutnya.

“Saya punya hasrat agar tim bisa menguasai bola 100 persen,” ujarnya.

“Orang lain mungkin bilang penguasaan bola tidak penting, tapi tidak untuk saya,” ujarnya. “Dengan menguasai bola, kita punya lebih banyak kemungkinan untuk menciptakan peluang sekaligus meminimalkan kesempatan lawan untuk menyerang,” tambah Guardiola.

Bayern mampu mencatat penguasaan bola hingga 66 persen saat melawan Arsenal. Sedangkan tim lawan hanya diberi 34 persen. Namun terlepas dari statistik itu, Guardiola tetap tak senang performa timnya. Menurut eks pelatih Barcelona tersebut, Robert Lewandowski dkk kadang suka kehilangan bola dengan mudah dan membiarkan lawan melakukan serangan balik.

“Kami harus bisa memperbaiki hal tersebut,” ujarnya.

Secara khusus, Guardiola mengkritik performa Thiago Alcantara yang bermain kurang maksimal dalam pertandingan tersebut. “Ia punya kemampuan luar biasa. Tapi ia harus mengerti dengan kemampuan yang dimilikinya. Ia seharusnya bisa jadi pemain yang lebih baik,” ujarnya.

“Thiago sering kehilangan bola. Ia harus memperbaiki hal tersebut. Saya selalu yakin setiap umpannya bisa membahayakan tim lawan,” ujar Guardiola.

Statistik Thiago sebetulnya tidak terlalu buruk saat melawan Arsenal. Total, ia melakukan 133 operan. Hanya 11 di antaranya yang tak tepat sasaran. Bandingkan dengan catatan yang dibuat para pemain Arsenal. Ketika itu, tak ada pemain yang mampu menciptakan lebih dari 45 operan.