Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

IFAB Resmi Merilis Beberapa Perubahan Aturan Main di Sepak Bola

219

International Football Association Board (IFAB) resmi merilis hasil amendemen peraturan pertandingan sepak bola (Laws of The Game) yang akan diberlakukan pada musim 2016-17. Salah satu perubahan peraturan yang paling disorot adalah soal hukuman terkait pelanggaran di dalam area penalti.

Sebelumnya aturan ‘triple-punishment‘ berarti bahwa pemain yang menghalangi kesempatan mencetak gol akan otomatis diganjar kartu merah, mendapat skorsing, ditambah hadiah penalti. Namun, hukum sekarang telah berubah sehingga pemain melakukan pelanggaran disengaja, yang menghalangi kesempatan mencetak gol, tidak otomatis diusir, tetapi diberi peringatan sebaliknya.

Pemain masih akan diusir untuk beberapa pelanggaran seperti: menahan, menarik, mendorong, tidak memainkan bola, tidak memiliki kemungkinan untuk memainkan bola, melakukan pelanggaran serius, melakukan aksi kekerasan, atau handball yang disengaja.

Kuasa wasit juga telah diperpanjang sehingga mereka dapat memberi kartu merah kepada pemain sebelum kick-off, sejak pemeriksaan lapangan resmi prapertandingan, dan seterusnya. Undang-undang baru juga menyatakan, bola bisa bergerak ke segala arah sejak kick-off, bukan hanya ke depan.

Pemain yang cedera akibat dilanggar yang berujung dengan kartu kuning atau merah, sekarang bisa mendapat perawatan yang cepat di lapangan, dan tidak harus harus keluar area bermain lebih dulu, yang sebelumnya telah memberi keunggulan jumlah pemain sementara kepada tim lawan.

IFAB sudah mengumumkan sejak bulan lalu niat mereka untuk mengubah undang-undang diikuti komprehensif, review 18 bulan, yang dipimpin oleh mantan wasit Premier League, David Elleray. Suara bulat IFAB menyetujui revisi, yang mereka identifikasikan sebagai kesempatan “sekali dalam satu generasi$ untuk mengatasi anomali dan inkonsistensi dalam hukum.

IFAB, selaku badan pembuatan hukum permainan, juga menyetujui masa percobaan dua tahun dari teknologi video untuk membantu wasit, yang akan digunakan dalam empat kasus: menentukan apakah bola telah masuk gawang yang berarti gol, kartu merah, penalti, dan kesalahan identitas.