Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Ini Dia 7 Bakal Calon Presiden FIFA

119

FIFA akan mengadakan pemilihan presiden baru pada Februari mendatang. Sudah ada tujuh nama yang jadi bakal calon pengganti Sepp Blatter sebagai orang nomor satu di organisasi itu.

FIFA secara resmi mengumumkan daftar calon kandidat presiden FIFA pada Rabu (28/10/2015) sore WIB. Ketujuh orang itu adalah Michel Platini, Prince Ali bin al-Hussein, Gianni Infantino, Tokyo Sexwale, Musa Bility, Jerome Champagne, dan Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

Khusus untuk Platini, FIFA menyebut bahwa presiden UEFA itu bisa maju dalam pencalonan andaikan skorsingnya dicabut sebelum Februari.Platini saat ini sedang dalam periode skorsing 90 hari setelah dituding menerima sejumlah uang dari Blatter.

Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa saat ini masih menjabat sebagai presiden AFC. Dia mantan Presiden Asosiasi Sepakbola Bahrain dan juga merupakan Ketua Komite Disiplin AFC serta wakil ketua Komite Disiplin FIFA.

Tokyo Sexwale adalah pebisnis asal Afrika Selatan. Dia pernah dipenjara di negaranya terkait aktivitas politik yang dilakukan. Dikenal juga sebagai aktivis, Sexwale merupakan teman Nelson Mandela.

Sementara Jerome Champagne merupakan mantan diplomat Prancis dan konsultan FIFA sebagai penasihat internasional untuk Blatter. Dia juga menjabat wakil sekretaris jenderal FIFA, anggota delegasi presiden, dan Direktur Hubungan Internasional FIFA.

Lalu, siapa itu Musa Bility? Dia adalah presiden Asosiasi Sepakbola Liberia. Untuk maju dalam pencalonan dia sudah mendapat lima suara dukungan. Bility menjadi orang Afrika kedua yang maju dalam pencalonan Presiden FIFA setelah Issa Hayatou gagal di 2002.

Yang terakhir adalah Gianni Infantino. Pria asal Swiss ini sebelumnya merupakan tangan kanan Platini di UEFA dengan jabatan sekretaris jenderal.