Inilah 4 Kemungkinan Formasi Barcelona dengan Coutinho

Football5star.com, Indonesia – Kedatangan Philippe Coutinho ke Barcelona menambah alternatif formasi yang bisa diterapkan oleh pelatih Ernesto Valverde.

Playmaker timnas Brasil itu resmi hijrah ke Camp Nou, Sabtu (6/12/2017). El Barca memboyong dia dari Liverpool dengan nilai transfer 160 juta euro.

Teknik individu, kelincahan dan visi bermain Coutinho memang klop dengan filosofi Barcelona. Selain lini tengah, dia bisa berkolaborasi dengan Luis Suarez dan Lionel Messi di sektor depan.

Akan tetapi, posisi sejumlah pemain terancam. Dengan kehadiran Coutinho, kans bermain Gerard Deulofeu dan Paco Alcacer pasti tereduksi.

Berikut ini adalah prakiraan empat formasi Barcelona dengan Philippe Coutinho versi Football5star:
  • 4-3-1-2

Kelincahan Coutinho kerap merepotkan bek-bek lawan. Tak hanya mengirim umpan akurat, pemain berusia 25 tahun itu pun mampu menusuk ke kotak penalti atau melepaskan tendangan jarak jauh.

Dengan formasi ini, Coutinho bakal beroperasi sebagai penyerang lubang. Tugas Lionel Messi dan Luis Suarez untuk menerobos jantung pertahanan lawan pun bisa lebih ringan.

Itu bukan posisi yang asing bagi Coutinho. Dia pernah beroperasi di belakang dua striker ketika masih berseragam Inter Milan, Espanyol dan Liverpool.

  • 4-4-2

Inilah formasi yang paling sering jadi andalan Valverde sejak beberapa waktu lalu. Bukan mustahil sang entrenador bakal terus mengusung pakem 4-4-2.

Apabila formasi ini yang jadi pilihan Valverde, Coutinho berpotensi tampil sebagai gelandang sayap kiri. Mirip peran dia ketika menjadi winger kiri di Liverpool.

Kendati demikian, ada sedikit perbedaan. Jika bermain dengan formasi ini, Coutinho tak hanya melulu fokus dalam menyisir dari sisi kiri menuju sektor belakang lawan. Dia sesekali juga harus turun membantu pertahanan jika serangan yang dibangun gagal.

 

  • 4-2-3-1

Sepanjang kariernya sebagai pelatih, Valverde dikenal sebagai pelatih yang identik dengan formasi 4-2-3-1. Baru di Barcelona, dia melakukan beberapa eksperimen, termasuk tiga bek.

Messi beroperasi di belakang Suarez yang menjadi ujung tombak. Coutinho, seperti di Liverpool, mampu bermain sebagai winger kiri.

Formasi 4-2-3-1 ini bisa memberikan ruang bagi Ousmane Dembele yang baru pulih. Selain itu, Messi pun bisa menjadi striker dan Suarez digeser ke sisi kiri untuk memberi Coutinho peran sebagai playmaker.

  • 4-3-3

Di bawah asuhan Pep Guardiola, nama Barcelona sangat harum berkat tiki-taka. Kolaborasi Andres Iniesta dan Xavi Hernandez di sektor gelandang menjadi salah satu kunci permainan indah El Barca.

Semenjak kepergian Xavi, Barcelona belum menemukan duet bagi Iniesta. Bukan mustahil, Coutinho yang memiliki visi bermain bagus dan operan yang akurat bakal dicoba mengisi posisi tersebut.

Di sisi lain, Dembele pun bisa kembali menghuni sektor winger kanan untuk berkolaborasi dengan Messi dan Suarez.

Comments
Loading...