Jebolan Akademi Medioker di Level Eropa

81

Malmo FF berhasil mengalahkan Shakhtar Donetsk 1-0 di kandangnya pada matchday 3 Liga Champions 2015-16 pada tengah pekan lalu. Ada catatan spesial dari klub yang melahirkan Zlatan Ibrahimovic dalam pertandingan tersebut. Enam pemain binaan akademi sepak bola dipercaya turun dalam pertandingan tersebut.

Empat pemain turun sejak menit pertama, yakni Markus Rosenberg, Rasmus Bengtsson, Oscar Lewicki, dan Pa Konate. Dua lainnya turun di pengujung babak kedua, yaitu Erdal Rakip dan Agon Mehmeti. Bahkan, Konate dan Rosenberg menyumbang satu assist dan satu gol dalam pertandingan ini.

Selain Malmo, Lyon, Schalke 04, dan klub asal Portugal, Sporting Lisbon. juga pernah berani banyak turunkan pemain binaannya dalam sebuah laga di pentas Liga Champions. Schalke melakukannya pada musim 2013-14. Ketika itu, Schalke 04 menurunkan delapan pemainnya saat kalah 1-3 dari Real Madrid. Sejumlah nama tenar dari delapan pemain tersebut adalah Ben Howedes, Max Meyer, dan Julian Draxler.

Sementara itu, Sporting melakukannya pada musim lalu ketika berhadapan dengan Maribor FC. Sporting juga menurunkan delapan pemain asli cetakan akademinya. Mereka adalah Patricio, Cedric, William, Andre Martins, Adrien, Joao Mano, Mane, dan si bintang yang pulang kandang, Luis Nani. Dalam dua pertandingan di fase grup, Sporting mencatat hasil sekali menang dan sekali seri melawan klub asal Slovenia tersebut.

Sedangkan  Lyon melakukan hal serupa ketika melawat ke kandang Zenit St Petersburg pada musim ini. Tujuh pemain binaannya dipercaya turun oleh pelatih Hubert Fournier, termasuk sang bintang Alexandre Lacazette. Angka ini bisa bertambah andai Nabil Fekir dan Clement Grenier tak dibekap cedera.

Sayang, pemain-pemain binaan di klub medioker tersebut belum bisa bertaji kala tampil melawan klub yang minimal punya level yang sama dengan mereka. Schalke kalah dari Madrid, Lyon bertekut lutut di Rusia, dan Sporting hanya unggul selisih dua gol dalam dua pertemuan melawan NK Maribor.

Sementara itu Malmo FF, meski memberi kejutan kala mengalahkan Shakhtar, tetap tak berkutik bila sudah berhadapan dengan lawan lainnya di Grup A Liga Champions musim ini, Real Madrid dan Paris Saint Germain.

You might also like More from author