Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Johan Cruyff Divonis Idap Kanker Paru-paru

151

Kabar buruk datang dari legenda Barcelona, Johan Cruyff. Menurut kabar yang beredar di Spanyol, pria berumur 68 tahun didiagnosa mengidap kanker paru-paru.

Barcelona merilis ucapan dukungan bagi Cruyff yang disampaikan oleh wakil presiden klub, Susana Monje, sebelum menyampaikan presentasi kondisi keuangan klub musim 2014-15, Kamis (22/10).

“Sebelum memulai presentasinya, wakil presiden klub, Susana Monje mengirim ucapan dukungan bagi Johan Cruyff yang dikabarkan menderita kanker paru-paru,” tulis Barcelona, melalui akun Twitter resminya.

Dukungan juga datang dari Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, melalui akun Twitter pribadinya. “Johan (Cruyff), anda akan memenangi yang satu ini (kanker paru-paru). Semua orang di klub mendukung anda,” katanya.

Perwakilan manajemennya belum bisa berkomentar banyak perihal kondisi kesehatan Cruyff.

“Dalam beberapa minggu terakhir, Johan Cruyff menjalani tes kesehatan di rumah sakit di Barcelona. Dia divonis mengidap kanker paru-paru. Pemeriksaan masih berlangusng,” tutur manajemen perusahaan milik Cruyff.

“Demi privasi Johan dan keluarganya serta fakta bahwa pemeriksaan belum berakhir, informasi lebih lanjut belum bisa diberikaan untuk saat ini. Kami berharap, anda menghargai privasi Johan dan keluarganya. Setelah pemeriksaan selesai, kami akan mengumumkan detailnya,” lanjut mereka.

Cruyff telah menjadi perokok aktif sejak muda. Tekanan tinggi yang didapat saat menjabat sebagai pelatih Barcelona membuat intensitas pemain yang namanya dibesarkan oleh Ajax Amsterdam itu kian menjadi.

Pada awal 1991, efek tembakau akhirnya berimbas negatif pada kesehatan Cruyff. Setelah mengeluh sakit jantung hebat, dia akhirnya terpaksa menjalani dua operasi jantung bypass, beristirahat dua bulan dan dipaksa dokternya, Mario Petit untuk berhenti merokok.

Atas saran dokter dan dukungan sang istri, Cruyff mampu meninggalkan kebiasaan merokoknya. Namun, efek buruk dari mengisap tembakau kini kembali mengancam kesehatan Cruyff.

Semoga cepat sembuh, Cruyff!