Juventus Raih Uang Terbesar Di Liga Champions

196

Juventus memang kalah dari Barcelona pada final Liga Champions 2004-15. Namun, I Bianconeri meraup uang lebih besar dari Blaugrana di kompetisi tersebut.

Tim asuhan Massimiliano Allegri itu sanggup mendulang uang sebesar 89 juta euro (sekitar Rp1,36 triliun) dari Liga Champions musim lalu. Jumlah itu melebihi perolehan tim juara, Barcelona, yang hanya mendapat 61juta euro (sekitar Rp935 miliar).

Perbedaan itu tidak lepas dari konsistensi hasil yang diraih Juventus selama kompetisi. I Bianconeri memenangi tujuh pertandingan, seri dalam tiga laga, serta kalah dalam dua partai selama berlaga di Liga Champions.

UEFA menetapkan hadiah yang menggiurkan dari partisipasi di Liga Champions. Total dana sebesar 988 juta euro dibagikan ke seluruh peserta. Jumlah itu lebih besar 36 juta euro dibanding musim sebelumnya.

Liga Champions merupakan tambang uang bagi klub. Hanya ikut serta saja, sebuah klub akan mendapat 8,6 juta euro. Ketika memenangi satu laga, klub diganjar satu juta euro. Namun, mereka akan tetap mendapat 500 ribu euro kalau hanya bermain seri.

Begitu memasuki babak berikutnya, ada hadiah uang lagi yang diberikan. Semakin tinggi level sebuah babak dipastikan makin besar hadiah yang diperoleh. Sebagai bukti, sebuah klub akan diganjar 3,5 juta euro saat menembus babak 16-besar. Lalu, jumlah hadiah akan meningkat menjadi 3,9 juta euro pada perempat final dan 4,9 juta euro pada semifinal.

Karena kalah dari Barcelona, Juventus hanya meraup 6,5 juta euro dari partisipasi pada final. Sebagai pemenang, Blaugrana mendapat ganjaran 10m5 juta euro. Namun, perolehan itu tetap tidak mengejar jumlah total uang I Bianconeri yang lebih besar.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.