Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Kasus Pajak Tak Pengaruhi Performa Neymar

397

Pelatih Barcelona, Luis Enrique, tampak kesal dengan pembahasan soal kasus pajak yang menimpa Neymar. Namun, dia menyebut kasus itu tak memengaruhi performa Neymar di Barca.

Pengadilan pajak Brasil menjatuhkan denda sebesar seratur ribu euro kepada Neymar. Dia divonis bersalah karena tak membayar pajak pada periode 2007-2008 atau saat masih bermain untuk Santos.

Penggelapan pajak itu dilakukan Neymar terkait pendapatannya di luar lapangan bola. Pendapatan itu berupa pembayaran hak image Neymar saat membintangi sejumlah produk.

Kendati dililit urusan hukum, Enrique memastikan penampilan Neymar di atas lapangan tak terpengaruh. Dia juga bosan dengan berbagai pertanyaan soal hal-hal yang tak terkait dengan sepak bola.

“Dari skala nol sampai satu juta, kasus ini memengaruhinya 0,0001. Ini tema pembicaraan yang sudah basi. Bertahun-tahun kita sudah membahas soal ini. Bertahun-tahun saya rasa,” kata Enrique.

“Tahun lalu anda menanyakan hal yang sama pada saya dan situasi saat itu lebih melelahkan. Tidak perlu ada lagi yang dibicarakan. Ini bukan urusan sepak bola dan akan diselesaikan pula dengan seharusnya,” lanjut dia.

Selain kasus ini, Neymar juga dibelit kasus pajak lain. Pengadilan Federal Sao Paulo sudah menyatakan Neymar diduga melakukan penggelapan pajak senilai 14 juta euro pada periode 2011-2013. Akibat masalah itu, pemerintah Brasil telah membekukan sejumlah aset Neymar senilai 42 juta euro beberapa bulan lalu.