Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Kenapa Valencia Pilih Gary Neville?

35

Keputusan mengejutkan dibuat Valencia kala mereka menunjuk Gary Neville sebagai pelatih kepala hingga akhir musim Divisi Primera. Salah satu faktor utamanya adalah kedekatan Gary dengan pemilik El Che, Peter Lim.

Gary yang tak punya pengalaman melatih klub profesional sejak pensiun pada 2011 tiba-tiba ditunjuk sebagai pengganti Nuno Espirito Santo yang mengundurkan diri pascahasil buruk yang didapat Valencia. Dia dikontrak hingga akhir musim.

Penunjukkan Gary ini lantas mengundang pertanyaan dari banyak pihak. Khususnya dari media-media Spanyol yang meragukan kapabilitas eks bek kanan Manchester United itu. Pasalnya sejak pensiun, Gary cuma jadi asisten Roy Hodgson di timnas Inggris dan bekerja sebagai pundit di Sky Sports.

Apalagi Gary punya misi berat untuk membawa Valencia kembali ke papan atas setelah start buruk mereka musim ini dan dalam ancaman tersingkir di Liga Champions. Tim Kelelawar Hitam saat ini duduk di posisi ke-9 klasemen dengan 19 poin.

Belum lagi bayang-bayang prestasi buruk para pelatih Inggris Raya di La Liga jadi ujian lain yang harus dihadapi Gary. Belum lama ini Real Sociedad baru saja memecat David Moyes yang berasal dari Skotlandia setelah tampil buruk di awal musim ini.

Meski Gary akan dibantu sang adik, Phil, yang sejak awal musim jadi asisten Nuno, namun tetap saja keraguan akan terus membayangi.  Hal itu akan kian kencang jika dia gagal memenangi laga perdana akhir pekan ini melawan pemuncak klasemen Barcelona.

Namun, fans Valencia yang mungkin kecewa tak bisa berbuat apa-apa, apalagi media, karena keputusan klub menunjuk Gary atas permintaan sang pemilik, Peter Lim. Pengusaha asal Singapura itu memang punya kedekatan dengan Gary dan beberapa eks pemain Manchester United, selain dikenal juga merupakan fans berat Setan Merah.

Lebih dari itu, Lim juga punya saham 50 persen di klub Salford City, klub divisi bawah Inggris, di mana Gary serta Phil dan anggota Class of 92′ seperti Nicky Butt, Paul Scholes, dan Ryan Giggs juga memiliki masing-masing 10 persen saham.