Ketua BOPI: Rekomendasi Kompetisi Dicabut!

Banner Footbal Live Star-Football5star

 Footballl5star.com, Indonesia – Insiden sebelum laga Persib vs Persija yang membuat satu suporter meninggal membuat Badan Olahraga Profesional Indonesia mengeluarkan keputusan keras. Mereka tak memberikan rekomendasi untuk PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru (PT. LIB) untuk menyelenggaran kompetisi.

Keputusan ini dikeluarkan oleh Ketua BOPI, Richard Sam Bera saat konferensi pers.

“Selama tujuh hari ke depan, tak ada kompetisi. Rekomendasi dicabut sementara. Jika dalam tujuh hari ke depan PSSI dan PT. LIB gagal memberikan sanksi berat, maka rekomendasi dicabut permanen,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, bahwa PSSI dan PT. LIB harus meminta rekomendasi dari BOPI ketika memulai kompetisi. Sejatinya, rekomendasi turun jika PSSI dan PT. LIB telah memenuhi semua persyaratan, salah satunya soal finansial.

Sebuah pertandingan bisa berjalan jika Kepolisian mengeluarkan izin keramaian. Keputusan Kepolisian untuk mengeluarkan izin keramaian didasarkan rekomendasi dari BOPI. Maka dari itu, jika rekomendasi tak turun, izin keramaian tak turun, dan pertandingan tak bisa digelar.

BOPI telah muak dengan segala permasalahan yang terjadi di Indonesia, khususnya terkait kerusuhan antar suporter. Berdasarkan data dari Save Our Soccer, sejak 2008 49 nyawa melayang karena sepak bola. Hal ini pula yang mendasari BOPI untuk turun tangan dengan tak mengeluarkan rekomendasi untuk PSSI dan PT. LIB menjalankan kompetisi.

Comments
Loading...