Kiper Muda AC Milan Tak Henti Ciptakan Rekor

Kiper muda AC Milan, Gianluigi Donnarumma mencatatkan dirinya di deretan rekor Serie-A usai menjaga gawangnya tak kebobolan saat melawan Chievo Verona Kamis 29 Oktober. Kini, Donnarumma tercatat sebagai kipper termuda yang mampu menorehkan clean sheet dalam sebuah pertandingan di Serie-A.

Donnarumma mencatatkan rekor itu ketika baru berusia 16 tahun, 8 bulan, 9 hari. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dua kiper top asal Italia, Angelo Perruzi dan Gianluigi Buffon yang mencatat clean sheet pertama saat berusia 17 tahun.

Laga kontra Chievo meneruskan catatan apik Donnarumma dalam sepekan terakhir. Tiga hari lalu, Donnaruma menorehkan rekor sebagai kiper termuda AC Milan yang melakoni debut bersama tim senior di Serie-A. Ketika itu, Donnarumma tampil kala usianya 16 tahun, 7 bulan, dan 24 hari.

Namun secara keseluruhan, catatan Donnarumma masih kalah dari mantan penggawan AS Roma, Amadei. Ia melakoni debut bersama tim senior ketika baru berusia 15 tahun dan 280 hari.

Di belakang Amadei, ada nama-nama tenar seperti Gianni Rivera (Alessandria) yang tampil pertama kali saat berusia 15 tahun dan 288 hari, Andrea Pirlo (Brescia) pada umur 16 tahun dan 2 hari,  Stephan El Shaarawy (Genoa) 16 tahun dan 55 hari,  dan Nicola Ventola (Bari) ketika berumur 16 tahun dan 166 hari.

BERITA TERKINI