Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Lewandowski Bersinar Karena Robben dan Ribery Absen

124

imagePerforma striker Bayern Muenchen, Robert Lewandowski pada musim ini sangat luar biasa. Gol demi gol terus dihasilkan oleh pemain asal Polandia ini. Kesuksesan itu ternyata diakibatkan oleh absennya dua pemain penting Die Roten lain, yakni Arjen Robben dan Franck Ribery.

Hal itu merupakan pendapat dari mantan pemain legendaris Jerman, Franz Beckenbauer. Dia menilai performa Lewandowski yang menakjubkan bukanlah kejutan. Saat ini, Lewandowski sudah mencetak 12 gol dari sembilan penampilan di Bundesliga 1 dan Liga Champions.

Akan tetapi, Beckenbauer menyebut faktor ketiadaan Robben dan Ribery di Bayern malah mendongkrak performa Lewandowski. “Lewandowski kini lebih terlibat dalam permainan dibanding dulu. Robben dan Ribery biasanya mendribel lalu akhirnya melepaskan tembakan. Mereka hanya akan mengoper ke Lewandowski ketika tidak ada tahu mau ke mana lagi. Dia kini semakin menyatu ke dalam tim,” tutur Beckenbauer kepada Sky Deutchsland.

Bayern memang kehilangan Robben dan Ribery untuk sementara waktu. Robben cedera pada awal musim, namun kini sudah kembali tampil. Sementara itu, Ribery bekum sembuh dari cedera yang menderanya. Dia belum pernah di ajang apa pun pada musim ini.

Ketika Robben dan Ribery absen, terlihat peningkatan peran Lewandowski di dalam tim seperti yang dituturkan oleh Beckenbauer. Eks striker Borussia Dortmund itu lebih sering melepaskan tembakan. Menurut catatan WhoScored, musim ini, Lewandowski rata-rata menembak ke gawang sebanyak 5,1 kali di Bundesliga 1. Jumlah ini meningkat dibanding musim lalu. WhoScored menyebutkan rata-rata jumlah tendangan Lewandowski pada musim lalu di Bundesliga 1 adalah 3,4.

Peningkatan jumlah tembakan itu diyakini berkaitan erat dengan perolehan gol Lewandowski. Dengan semakin sering menembak, peluang untuk membuat gol semakin besar. Tidak mengherankan kalau performa Lewandowksi pada musim ini mengilap.