Liga Italia: Parma Berpeluang Tampil Lagi di Serie A Musim 2018-2019

Football5star.com, Indonesia – Parma berpeluang tampil lagi di Serie A pada musim 2018-2019 setelah memastikan promosi ke Serie B pada tahun ini.

Kepastian Parma naik kasta ke Serie B diraih usai kemenangan 2-0 atas Alessandria pada final play-off promosi di Estadio Artemio Franchi, markas Fiorentina.

Pahlawan kemeangan Parma adalah Manuel Scavone dan Manuel Nocciolini yang mencetak masing-masing satu gol pada menit ke-11 dan 66. Kemenangan itu memastikan Parma menjadi salah satu tim Lega Pro (Serie C) yang promosi ke Serie B.

Dengan demikian, bukan mustahil pada musim depan, atau 2018-2019, Parma sudah bisa kembali tampil di Serie A. Hal itu tentu menjadi bayaran setimpal atas perjuangan tim asuhan Roberto D’Aversa usai dipaksa terdegradasi ke Serie D alias kasta keempat pada akhir musim 2014-2015 akibat vonis bankrut.

Di Serie D, Parma yang berganti nama menjadi Parma Calcio 1913, melakukan perombakan besar-besaran di jajaran manajemen. Mantan pelatih, Nevio Scala, ditunjuk sebagai presiden klub. Sementara, Luigi Apolloni menjadi pelatih.

Pada musim perdana di Serie D, Parma memecahkan rekor penjualan tiket mencapai 9.000 lembar tiket musiman. Pada akhir musim, Parma berhasil promosi ke Lega Pro alias Serie C setelah meraih 94 poin dari 38 pertandingan, dengan rekor tanpa kalah, 28 kemenangan, dan 10 hasil seri.

Musim pertama di Girone B Lega Pro (Serie C) Parma mampu finis di peringkat kedua, di bawah tim asuhan Filippo Inzaghi, Venezia. Alhasil, Parma terpaksa melakoni play-off bersama 27 tim lain.

Pada babak kedua play-off, Parma sukses mengalahkan Piacenza secara agregat dua pertemuan sebelum menyingkirkan Lucchese melalui kemenangan agregat 4-2 dalam dua perjumpaan. Pada semifinal, kemenangan adu penalti atas Pordenone membawa Parma menantang semifinalis Coppa Italia 2015-2016, Alessandria, di partai puncak.

Hasilnya, dua gol Scavone dan Nocciolini memastikan langkah Parma menyusul Cremonese, Venezia, dan Foggia. Musim 2017-2018, jika berhasil menempati dua besar klasemen teratas Serie B, Parma dipastikan kembali berpentas di Serie A.

Comments
Loading...