Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Messi Lebih Baik Dari Ronaldo

126

Siapa yang lebih baik di antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi? Pertanyaan ini akan menimbulkan perdebatan panjang yang sengit. Namun, mantan pemain legendaris asal Belanda, Johan Cruyff tidak ragu menyebut Messi sebagai pemain yang lebih bagus dibanding Ronaldo.

Cruyff mendasarkan pendapatnya terhadap kemampuan Messi dan Ronaldo. Di mata Cruyff, Messi adalah pemain yang memiliki kapabilitas lebih lengkap dibanding Ronaldo. Hal itu yang membuat Cruyff dengan yakin menyebut Messi lebih bagus dari Ronaldo. “Saya selalu menyukai pemain berpostur kecil yang dianugerahi teknik yang baik karena saya adalah pemain seperti itu,” katanya.

Lebih lanjut, Cruyff menandaskan bahwa peran Messi dan Ronaldo untuk tim sebenarnya berbeda. Menurut pandangan Cruyff, Messi merupakan pemain serbabisa yang mampu mewarnai tim. Sebaliknya, Ronaldo dinilai oleh Cruyff hanya merupakan pencetak gol yang baik.

“Messi adalah pemain untuk tim. Dia dapat memberi umpan, selalu menciptakan assist untuk pemain. Cristiano juga pemain bagus, namun dia hanya pencetak gol. Menurut pendapat saya terdapat perbedaan besar antara pemain hebat dan pencetak gol,” ujar Cruyff.

Maka, Cruyff menilai sebuah tim tidak akan bisa menjadikan Ronaldo sebagai kekuatan utama. Hal itu dirasa sulit oleh Cruyff. “Dia tidak pernah bisa menjadi pemain kreatif yang bisa diandalkan untuk membangun sebuah tim atau sebagai pemain yang dipercaya menentukan permainan tim. Tugasnya hanya ada di ujung, yakni mencetak gol,” ucap Cruyff.

Atas dasar ini, Cruyff tidak perlu berpikir panjang ketika diminta memilih peraih Ballon d’Or tahun ini. Messi dijagokannya sebagai perebut penghargaan bergengsi tersebut. “Tidak perlu ada diskusi. Tidak ada pemain yang selevel dengan Messi saat ini. Jika diminta memilih, saya pasti akan memilihnya,” ucap Cruyff.