Luar Biasa, Handanovic Sering Menyelamatkan Inter

207

Inter Milan dikenal memiliki pertahanan solid pada musim ini. Selain karena barisan defender yang tangguh, kiprah kiper Samir Handanovic tidak bisa disepelekan. Penjaga gawang asal Slovenia ini malah berjasa besar dengan berkali-kali menyelamatkan Inter.

La Gazzetta dello Sport mencatat beragam kiprah istimewa Handanovic pada musim ini. Berdasar data Opta, Handanovic bertengger sebagai kiper dengan rasio penyelamatan tembakan terbanyak di Eropa, yakni sebanyak 85.25%.

Hal itu muncul dari penampilan spesial Handanovic di Serie A. Dari 15 pekan berlaga, dia sudah melakukan 53 kali penyelamatan. Bahkan, 23 di antaranya dilakukannya dari dalam kotak penalti.

Akan tetapi, bukan hanya kuantitas penyelamatan yang membuat Handanovic terlihat istimewa. Dia malah berulang kali menyelamatkan gawang Inter dari kemasukan dalam momen penting. Alhasil, penyelamatannya dianggap oleh La Gazzetta dello Sport setara dengan perolehan tiga poin.

Adapun penyelamatan krusial yang dilakukan oleh Handanovic dilakukan dalam beberapa kesempatan. Salah satu yang penting diciptakan dalam laga melawan AS Roma pada pekan kesebelas. Dia disebut La Gazzetta dello Sport membuat empat penyelamatan dalam beberapa menit saja, sehingga Inter menang 1-0.

Sebelumnya Handonovic sudah membuat penyelamatan penting dalam laga melawan Bologna pada pekan kesepuluh. Dia bisa mementahkan peluang emas Mattia Destro, sehingga timnya menang 1-0.

Laga melawan AC Milan pada pekan ketiga juga menjadi salah satu contoh lain kegemilangan Handanovic. Dia berhasil menggagalkan tembakan striker Luiz Adriano. Akibatnya I Nerazzurri menang 1-0.