Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Makna Coretan ‘+5’ di Kostum Pogba

155

Pada laga antara Juventus kontra Torino pada Minggu (1/11) dini hari lalu, terdapat coretan ‘+5’ pada kostum yang dikenakan gelandang Juventus, Paul Pogba. Usut punya usut, tulisan tersebut ternyata memiliki tujuan khusus.

Ini merupakan kedua kalinya Pogba menuliskan ‘+5’ di sebelah nomor punggungnya. Sebelumnya, saat menghadapi Atalanta, Pogba juga melakukan hal yang sama.

Publik tadinya sempat keliru mengira makna tulisan tersebut. Awalnya, banyak yang menganggap coretan tersebut bertuliskan ‘75’ yang merupakan usia Pele saat berulang tahun tepat pada laga tersebut. Namun persepsi itu ternyata salah besar.

Dilansir La Gazzetta dello Sport, coretan ‘+5’ yang dibuat Pogba di sebelah nomor punggungnya tersebut merupakan ide dari seorang motivator bernama Alberto Ferrarrini. Sebagai catatan, motivator ini juga sempat menangani rekan setim Pogba, Leonardo Bonucci.

Coretan ‘+5’ tersebut dimaksudkan agar Pogba tak terlalu terbebani dengan nomor punggung 10 yang digunakannya musim ini. Sudah bukan rahasia lagi jika nomor punggung tersebut selalu digunakan pemain-pemain yang punya reputasi besar dalam sepakbola, seperti Giampiero Boniperti, Omar Sivori, Liam Brady, Roberto Baggio, Michel Platini, Alessandro Del Piero, hingga Carlos Tevez.

Lalu mengapa Pogba memilih angka lima untuk ditulis di kostumnya tersebut? Bila dicermati, angka 1, 0, dan 5 bila dijumlahkan akan menghasilkan angka 6. Perlu diketahui, sudah sejak lama Pogba mengenakan nomor punggung 6 mulai saat membela timnas Prancis U-20 hingga musim lalu.