Neville, Pelatih Inggris Kelima di Liga Champions

Inggris adalah kekuatan tradisional di sepak bola Eropa. Namun ternyata, hanya sedikit pelatih asal Inggris yang pernah menangani sebuah tim di fase grup Liga Champions.

Gary Neville yang baru menjadi pelatih Valencia hanyalah pelatih Inggris kelima yang berkiprah di Liga Champions. Neville akan menjalani debutnya bersama Valencia saat berhadapan dengan Olympique Lyon, Kamis (10/12), di laga terakhir fase grup Liga Champions.

Keempat pendahulu Neville adalah Harry Redknapp, Roy Harford, Sir Bobby Robson, dan Phil Thompson.

Redknapp membawa Tottenham Hotspurs untuk pertama kalinya berkiprah di Liga Champions pada musim 2010-11. Bahkan, Spurs langsung sampai ke babak perempat final di musim debutnya. Saat itu, tim asuhan Redknapp sempat mengalahkan Inter Milan dan AC Milan.

Nama kedua adalah Harford yang menangani Blackburn Rovers di Liga Champions 1995-96. Itu adalah Liga Champions satu-satunya bagi Blackburn. Sayang, Harford dan Blackburn gagal total. Mereka hanya sekali menang dan menempati peringkat paling buncit di fase grup.

Robson adalah pelatih Inggris satu-satunya yang tampil di fase grup Liga Champions dalam dua musim. Bahkan, ia melakukannya bersama dua klub berbeda. Pertama bersama FC Porto di musim 1995-96. Kedua bersama Newcastle United di musim 2002-03.

Nama keempat adalah Thompson yang menjadi caretaker Liverpool di Liga Champions 2001-02. Manajer saat itu, Gerrard Houllier, sempat cuti beberapa bulan karena penyakit liver. Thompson memimpin Liverpool dalam empat laga, dengan rekor dua kali menang dan dua kali seri.

Sebenarnya ada beberapa pelatih Inggris lain yang tampil di Liga Champions. Namun, hanya lima nama di atas yang beraksi di fase grup. Pelatih-pelatih lain gagal sampai ke fase grup dan tersingkir di babak-babak awal.

Comments
Loading...