Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Nilai Jual Ronaldo dan Messi Berselisih Setengah Triliun Rupiah

151

Sebuah penelitian yang dilakukan Polytechnic University of Valencia (UPV) mengungkapkan bahwa saat ini Lionel Messi memiliki nilai jual mencapai 141 juta euro (sekitar Rp2 triliun). Sementara, rival abadi Messi, Cristiano Ronaldo, bernilai 101 juta euro (Rp1,5 triliun). Dengan kata lain, kedua pemain hanya terpaut setengah triliun rupiah.

Angka-angka akhir itu ditentukan melalui metode multikriteria Analytic Hierarchy Process. Selain itu, juga diketahui variabel seperti jumlah gol, assist per laga, kartu kuning, kepemimpinan, dan hasil pemasaran, dari pesepak bola asal Argentina dan Portugal itu.

Messi dan Ronaldo sekali lagi akan dianalisis oleh ‘Mooc’ course, yang akan dimulai pada 25 April dan pendaftaran gratis tersedia di www.upvx.es. Penelitian ini bekerjasama dengan Massachusetts Institute of Technology dan Harvard University.

Sebagai tambahan, kedua pemain dibandingkan dengan pesepak bola lain termasuk Gareth Bale dan James Rodriguez di Real Madrid, serta Luis Suarez dan Neymar untuk La Blaugrana. Analisis melibatkan Divisi Primera, Piala Super Spanyol, Piala Dunia Antarklub, dan Liga Champions pada musim 2014-15.

Professor Thomas Saaty dari University of Pittsburgh, menjadi perancang metode analisis untuk membantu pengambilan keputusan dan pembentukan konsensus. Metode ini pun banyak digunakan dalam dunia bisnis dan organisasi secara umum menurut sumber UPV, dan telah dipraktikkan selama 14 tahun.

Selain menetapkan nilai jual pesepak bola, metode tersebut juga sudah diterapkan untuk mendapatkan nilai-nilai berbagai jenis pertanian, aset perkotaan dan lingkungan, serta karya seni dan sejarah kepemilikan tanah atau bisnis.