Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Pemain Atletico Lebih Rajin Berlari Ketimbang Barcelona

140

Dalam hal penguasaan bola dan penciptaan peluang, Barcelona memang lebih unggul ketimbang Atletico Madrid pada pertemuan leg kedua babak perempat final Liga Champions di Stadion Vicente Calderon, (13/4). Namun, bicara soal daya jelajah di lapangan, para pemain Atletico justru lebih rajin berlari dibanding tim tamu.

Bermodal kekalahan 1-2 pada leg pertama di Stadion Camp Nou, Atletico memang menyengat lebih dulu pada awal babak pertama. Tak heran, sepanjang paruh pertama pertandingan, skuat asuhan Diego Simeone lebih dominan dalam hal penciptaan peluang. Hasilnya, satu gol berhasil ditorehkan Antoine Griezmann pada menit ke-36.

Namun, pada babak kedua situasi berubah. Barcelona yang semula bermain aman, mulai gantian menekan dan menguasai jalannya pertandingan. Bahkan, secara total sepanjang pertandingan, tim yang diasuh pelatih Luis Enrique ini mampu menguasai 72 persen ball-possession.

Barcelona pun sanggup mencatat 616 umpan berbanding 112 milik Atletico. Tapi mayoritas umpan Andres Iniesta dan kawan-kawan dilakukan di daerah pertahanan sendiri, terutama pada babak pertama. Atletico pun cuma melepas 9 tembakan (6 ke gawang), sedangkan El Barca sanggup menorehkan 13 tembakan tapi hanya 4 yang tepat sasaran.

Pada akhirnya, keunggulan statistik tak lantas memberi keuntungan lebih kepada Barcelona. Justru Atletico yang mampu tampil efisien. Sepanjang pertandingan, para pemain Los Colchoneros -julukan Atletico- mampu berlari dengan jarak tempuh hingga 114,569kilometer. Sementara, skuat Barcelona cuma berlari sejauh 102,571km.

Lima pemain yang paling rajin berlari di skuat Atletico adalah Koke (12,226km), Saul Niguez (12,160km), Gabi Fernandez (11,824km), Augusto Fernandez (11,431km), dan Antoine Griezmann (11,417km).

Sementara, di Barcelona cuma ada tiga pemain yang berlari lebih dari 10km di Vicente Calderon. Mereka adalah Sergio Busquets (11,013km), Jordi Alba (10,995km), dan Andres Iniesta (10,252km). Bahkan, Lionel Messi yang menuai kritik karena gagal memberi kontribusi vital dalam pertandingan semalam, cuma berlari sejauh 7,049km.

Barcelona juga terbukti gagal mematahkan kutukan ketika menghadapi tim asuhan Simeone di pentas Liga Champions. Bagaimana tidak, dari 17 pertemuan Simeone dengan Barcelona, hanya dua kali kemenangan berhasil diraih. Namun, keduanya dicatat di pentas Liga Champions. Sementara, 10 kekalahan dan lima seri tersaji di kompetisi domestik.

Kini, Atletico sukses melaju ke babak semifinal untuk kelima kalinya sepanjang sejarah. Terakhir kali mereka melaju hingga fase semifinal adalah pada musim 2013-14, kala mengandaskan Barcelona di babak perempat final. Ketika itu, Atletico bahkan sanggup melangkah hingga final usai menyingkirkan Chelsea. Namun, upaya juara terjegal ketangguhan rival sekota, Real Madrid, yang sukses meraih La Decima.