Pique Pemain Terbaik Catalan 2014-15

Defender Barcelona, Gerard Pique terpilih sebagai Pemain Terbaik Catalan 2014-15. Kepastian itu diperoleh Pique pada Selasa (3/11) waktu setempat.

Asosiasi sepak bola Catalan, FCF, melakukan pemilihan pemain terbaik setiap musim. Mereka melakukannya dengan sistem voting.

Tahun ini, Pique yang memenanginya. Dia memperoleh suara sebesar 73 persen dari total pemilih.

Di bawah Pique, ada dua pemain, yakni Aleix Vidal dan Kiko Casilla, Vidal mendapat suara sebesar 14 persen dari total pemilih. Sedangkan Casilla mendapat 13 persennya.

Selain memberikan penghargaan pemain terbaik, FCF juga menganugerahkan award kepada pemain paling berprospek. Kali ini, penghargaan jatuh kepada pemain Arsenal, Hector Bellerin.

Eks kapten Espanyol, Raul Tamudo juga diberi penghargaan spesial oleh FCF. Tamudo mendapat penghargaan terkait kontribusi besarnya terhadap sepak bola Catalan selama di Espanyol.

Penghargaan yang diperoleh Pique menarik perhatian karena isu separatisme tengah menguat di Spanyol. Tidak lama lagi diperkirakan area Cataloni akan memisahkan diri dari Spanyol untuk membentuk negara sendiri. Hal ini membuat kontroversi tentang nasib Barcelona di La Liga melejit.

Khusus untuk Pique, dia memang mendapat simpati besar dari publik Catalan. Pique tidak pernah menutupi sikapnya untuk mendukung pemisahan diri Catalonia dari Spanyol. Hal ini yang diperkirakan menjadi salah satu sebab Pique kerap mendapat cemooh dari suporter lawan ketika bermain pada laga tandang bersama Blaugrana.

BERITA TERKINI