Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Poll Menilai Gol Oezil Ke Bayern Tidak Sah

142

Gol midfielder Arsenal, Mesut Oezil ke gawang Bayern Munchen di Liga Champions pada Kamis (5/11) masih menjadi polemik. Eks wasit Premier League, Graham Poll ikut menanggapi dengan mendukung putusan wasit Gianluca Rocchi menganulir gol Oezil.

Oezil mencetak gol ke gawang Bayern pada menit ke-12. Namun, wasit Rocchi menganulirnya dengan alasan handsball. Namun, Oezil tidak sependapat. Dia mengaku bahwa tangannya tidak sengaja mengenai bola, sehingga seharusnya golnya disahkan.

Akan tetapi, Poll mendukung putusan kolega sesama wasit, Rocchi. Poll menilai wasit asal Italia itu sudah membuat putusan yang tepat.

“Oezil memang kecewa karena urung membuat gol penyama kedudukan buat Arsenal. Tapi, putusan wasit Rocchi seratus persen tepat. Inilah kejadian yang sering disebut sebagai handsball. Oezil dengan sengaja menyentuh bola agar masuk ke gawang Manuel Neuer,” tulis Poll untuk Daily Mail.

Poll menambahkan para pemain sering berkilah bahwa mereka tidak sengaja melakukan handsball. Pemain kerap mengaku berada di posisi yang kurang menguntungkan membuat bola mengenai tangan. Namun, Poll menyebut hal tersebut tidak terjadi dalam kasus gol Oezil ke gawang Bayern.

“Hal seperti itu tidak berlaku dalam kasus ini. Golnya disengaja dan Arsenal tidak bisa merasa dirugikan karena gol ini,” tulis Poll.

Aturan dari FIFA memang menyebutkan ada dua putusan yang dapat diambil wasit ketika bola mengenai tangan pemain. Wasit bisa menyebutnya sebagai handsball jika menilai pemain sengaja menyentuh bola. Namun, terkadang wasit membiarkan saja kalau memandang pemain tidak sengaja bersentuhan dengan bola.