Porto ke Liga Europa, Casillas “Disindir” Mourinho

233

Kekalahan FC Porto dari Chelsea tak hanya membuat langkah mereka di Liga Champions terhenti. Hasil itu juga membuat catatan bagus Casillas di kompetisi itu ternodai.

Butuh kemenangan untuk bisa lolos ke babak 16 besar, Porto malah menuai kekalahan 0-2 dari Chelsea di Stamford Bridge, Kamis (10/12) dinihari WIB, pada partai keenam Grup G Liga Champions.

Dibarengi dengan kemenangan Dynamo Kiev atas Maccabi Haifa, Porto yang di matchday sebelumnya di ambang kelolosan malah harus tersingkir dan turun kasta ke Liga Europa, setelah finis di posisi ketiga dengan 10 poin.

Bagi Casillas, ini untuk pertama kalinya dia gagal lolos dari fase grup sepanjang 16 tahun keikusertaannya di Liga Champions. Ini makin menambah pilu untuk Casillas mengingat blundernya di Matchday V saat melawan Kiev membuat Porto kalah 0-2.

Kini Casillas akan merasakan pengalaman baru, bermain di Liga Europa, kompetisi yang selama kariernya di Real Madrid tidak pernah dirasakannya. Sebab Madrid selalu tampil di Liga Champions setiap musimnya.

“Cerita saya dan Casillas sudah selesai. Ini adalah kesempatan bagus untuk Iker memenangi satu-satunya trofi yang belum pernah didapatkannya,” ucap Mourinho usai laga kepada stasiun televisi Spanyol seperti dikutip Marca.

Ucapan Mourinho itu boleh dibilang bernada sarkastik atau bentuk sindiran mengingat hubungan keduanya memang tidak harmonis, sejak musim terakhir Mourinho melatih Madrid.

Saat itu, Casillas dicadangkan oleh Mourinho yang kesal dengan kiper 34 tahun itu karena dianggap sebagai “tikus” yang membocorkan rahasia tim kepada media. Selain itu Mourinho tidak suka kedekatan Casillas dengan beberapa pemain Barcelona seperti Xavi Hernandez dan Carles Puyol.