Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Resep Juara Liga Champions Ala Dokter Barcelona

113

Trofi Liga Champions merupakan piala impian semua klub di Eropa. Banyak yang berusaha mencari rahasia kesuksesan meraihnya. Dokter tim Barcelona, Ricard Pruna mempunyai resep agar setiap klub dapat menjuarai Liga Champions.

Resep juara ala Pruna tidak jauh dari profesinya sebagai kepala tim medis El Barca. Pruna yang bergabung dengan Barcelona sejak 1997 itu menyatakan bahwa sebuah klub tidak mungkin menjuarai Liga Champions jika mengalami kasus cedera otot dalam intensitas tinggi.

Pruna menuliskan teorinya pada 2001. Namun, UEFA baru merilisnya pada akhir pekan lalu. Pruna menguatkan teorinya dengan mengedepankan pengalamannya di El Barca.

Menurut Pruna, semakin sedikit cedera otot yang mendera, semakin besar peluang sebuah klub berjaya di Liga Champions. Pruna mengambil contoh Barcelona pada 2008-09. Saat itu, tim yang diasuh oleh Josep Guardiola itu hanya mengalami kasus cedera otot sebanyak enam kali. Pada musim tersebut Barcelona meraih treble winners.

Kesuksesan El Barca meraih treble winners untuk kedua kalinya pada musim lalu dirasa Pruna tidak lepas dafi faktor serupa. Dari 17 kasus cedera yang menimpa tim didikan Luis Enruque tersebut, hanya delapan di antaranya yang merupakan kasus cedera otot.

Pruna memberikan perbandingan dengan situasi pada 2011 ketika Barcelona gagal menjuarai Liga Champions. Saat itu, El Barca mengalami kasus cedera 24 buah. Namun, separuhnya adalah cedera otot yang dinilai Pruna sangat merugikan.

Tur pada awal musim ke tempat jauh seperti perjalanan Barcelona ke Amerika Serikat (AS) juga disebut Pruna merugikan. Namun, para pelatih diakuinya tidak bisa berbuat apa-apa karena putusan diambil oleh jajaran manajemen tertinggi. Sayangnya, pada awal musim ini, Barcelona sudah melakukan pramusim ke AS seperti yang ditakuti oleh Pruna.