Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Roma Lebih Produktif Tanpa Dzeko

120

AS Roma berada dalam posisi dilematis. Awal musim, mereka merekrut Edin Dzeko dari Manchester City dengan harapan akan menjadi pendulang gol. Namun, hingga kini, Roma justru lebih produktif saat Dzeko tidak ada di lapangan.

La Gazzetta dello Sport menyatakan Roma justru sanggup mencetak rata-rata tiga gol per laga jika Dzeko tidak bermain. Namun, pencapaian itu langsung menurun menjadi rata-rata 2,4 gol per partai ketika pemain asal Bosnia itu bermain.

Dzeko memang belum menyumbang gol dalam jumlah banyak. Sejauh ini, dia sudah bermain delapan kali di Serie A dan dua kali di Liga Champions bersama I Lupi. Namun, Dzeko hanya mampu menghiasinya dengan sebuah gol di Serie A.

Pencapaian itu sekilas mengewakan. Namun, pelatih Rudi Garcia berpikir sebaliknya. Dia menilai Dzeko tetap tampil baik.

“Dzeko melakukan pergerakan hebat yang sangat membantu tim. Sekarang, semua harus menolongnya untuk membuat gol. Kami merekrutnya karena dia adalah striker sejati dan pemain juara. Dia bakal membuat gol banyak,” kata Garcia.

Ucapan Garcia tidak berlebihan. Dzeko memang tidak membuat gol, namun dirinya sering terlibat dalam proses gol. Dua gol penentu kemenangan atas Fiorentina pada pekan kesembilan yang dicetak oleh Mohamed Salah dan Gervino tak lepas dari aksi Dzeko.

Meski begitu, tugas utama seorang striker memang mencetak gol. Jika tidak mampu segera membuat gol, kritik akan terus mendera Dzeko.