Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Sang Ayah Kenang Laga Debut Buffon

195

Tanggal 19 November lalu adalah peringatan 20 tahun karir Gianluigi Buffon. Pada 19 November 1995, Buffon menjalani laga debutnya dengan menghadapi AC Milan di ajang Liga Italia. Buffon yang masih berumur 17 tahun pun membuat Parma sanggup menahan imbang Milan tanpa gol.

Dua puluh tahun berselang, ayah Buffon, Adriano Buffon, mengenang laga debut Buffon tersebut. Dia masih ingat anaknya harus berhadapan dengan duo striker Milan kala itu, Roberto Baggio dan George Weah.

“Satu setengah jam sebelum laga, saya baru tahu dia akan bermain. Saya ada di stadion. Dia langsung menunjukkan insting dan kekuatannya. Buffon masih 17 tahun saat itu dan harus menghentikan Baggio serta Weah,” kata Adriano.

“Saya juga ingat saat dia menjalani debut di sekolahnya pada laga final kejuaraan. Dia membuat kesalahan fatal dan kebobolan. Pria di belakang saya mengomel ‘anak itu harusnya tak main di final’. Biasanya saya diam, tapi kala itu saya berbalik dan berkata ‘lihat jelas anak itu, lima tahun lagi anda akan melihatnya di tim nasional’,” lanjut dia.

Menurut Adriano Buffon, meskipun Buffon telah menjalani ratusan laga dan mengoleksi banyak piala, tidak ada laga sebaik debutnya melawan Milan.

“Saya mengatakan sekali lagi kepada anak saya, ‘kamu tak pernah bermain sebaik laga pertamamu di Ennio Tardini’,” pungkas Adriano.