Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Sulitnya Menolak Godaan Uang Klub-Klub China

183

Banyak pesepak bola Eropa yang kini hijrah ke Liga China. Tak dimungkiri bahwa godaaan uang dalam jumlah besar jadi alasan mereka menerima tawaran klub-klub Negeri Tirai Bamb.

Liga Super China tengah bahan perbincangan di penjuru dunia setelah keberanian mereka mendatangkan para pesepak bola liga-liga Eropa. Tak tanggung-tanggung, harga mahal dan kontrak besar berani dikeluarkan oleh klub-klub tersebut.

Ramires, Fredy Guarin, Gervinho, Jackson Martinez, dan terakhir Alex Teixeira adalah rombongan terakhir yang masuk ke sana. Belum lagi ditambah beberapa nama yang mungkin datang sebelum bergulirnya kompetisi pada bulan Maret.

Bahkan Martinez dan Teixeira dibeli dengan banderol selangit. Guangzhou Evergrane membeli Martinez senilai 45 juta euro, sementara Teixeira resmi jadi pemain termahal Asia dengan banderol 50 juta euro usai digaet Jiangsu Suning dari Shakhtar Donetsk.

Tak cuma nilai transfer yang “wah”, klub-klub China itu juga mampu memberikan kontrak bernilai tinggi. Sebut saja Martinez yang digaji sekitar 12,5 juta euro per musim untuk empat tahun ke depan, sementara Teixeira digaji 10 juta euro per musimnya.

Pelatih Shanghai SIPG, Sven Goran Eriksson, yang juga malang melintang di persepakbolaan menilai ini adalah fenomena yang patut diwaspadai. Dengan kondisi keuangan yang relatif sangat sehat dan pajak miring di China, klub-klub itu punya daya tawar yang kuat.

Eriksson sendiri adalah satu dari tiga pelatih top Eropa yang melatih di sana. Sisanya adalah Gregorio Manzano di Shanghai Shenhua dan Luiz Scolari di Guangzhou.

“Anda tak bisa mengesampingkan begitu saja fakta bahwa uang merupakan faktor utama,” ucap Eriksson seperti dikutip Soccerway.

“Liga Champions (Asia) didominasi tim-tim dari Jepang, Korea Selatan dan Australia. Tapi Guangzhou Evergrande menjadi pemenang dalam tiga musim terakhir,” lanjutnya.

“Di sini tayangan sepak bola terus ada di televisi, bukan cuma Premier League dan Liga Champions, tapi seluruh liga Eropa. Liga Super China adalah liga yang sedang bangkit, dan karena itulah mereka menarik banyak pemain. Akan ada pemain lain yang datang.”

“Sepak bola terus mengalami kemajuan dan ada ambisi besar bersama di tim nasional,” tuntasnya.