Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Terakhir Kali Italia Gagal Lolos, Indonesia Hampir Tampil di Piala Dunia

168

Football5star.com, Indonesia – Timnas Italia kalah dari Timnas Swedia dengan agregat 0-1 di babak play-off  Piala Dunia 2018. Kondisi tersebut membuat Gli Azzurri absen di ajang empat tahunan itu untuk yang pertama kalinya sejak 1958. Uniknya, saat itu Timnas Indonesia tinggal selangkah lagi untuk tampil di kompetisi tertinggi antar negara tersebut.

Diasuh oleh pelatih bertangan dingin asal Yugoslavia, Toni Pogacnik, Skuat Garuda berhasil masuk ke babak play-off. Hal itu berkat dalam pertandingan sebelumnya, Ramang dkk mengalahkan Timnas Cina di Yangoon, Burma.

Timnas Indonesia Vs Timnas Cina (bjreview.cn)
bjreview.cn

Setelah lolos ke babak play-off, Indonesia dijadwalkan akan bergabung dengan Israel, Sudan, dan Mesir. Skuat merah putih kemudian memilih untuk tidak meneruskan untuk bermain di babak tersebut.

Alasannya adalah saat itu Indonesia yang masih dipimpin oleh Presiden Soekarno tidak mengakui kedaulatan Israel. Menurut Historia.id pilihan diplomatik yang diambil saat itu karena pemerintah tanah air tak menganggap Israel yang dinilai merampas tanah rakyat Palestina.

Sebenarnya, Indonesia berkompromi dengan FIFA untuk tidak mundur asal dengan syarat bermain di tempat netral dan tanpa menyanyikan lagu kebangsaan Israel. Namun, hal itu ditolak oleh badan sepak bola tertinggi di dunia tersebut.

Selain Indonesia, Sudan, Mesir dan Turki juga memilih untuk mundur demi menghormati kedaulatan rakyat Palestina. Bahkan, Timnas Belgia yang kemudian ditunjuk untuk menggantikan empat kontestan tersebut juga memilih mundur.

Hanya Timnas Wales yang kemudian mau bertanding dan akhirnya bisa lolos ke Piala Dunia 1958 di Swedia setelah menang dengan skor 0-2.