Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

“Tidak Benar Wasit Selalu Memihak Barcelona”

182

Beberapa pihak menganggap Barcelona acap kali dibela wasit. Klaim itu kembali mengapung menyusul kartu merah yang diterima striker Atletico Madrid, Fernando Torres, pada leg pertama babak perempat final Liga Champions di Stadion Camp Nou. Akan tetapi, Carlo Ancelotti justru tak setuju dengan tudingan tersebut.

Memang, saat melawan Atletico, Barcelona mendapat keuntungan dari kartu merah Torres. Kala itu, Atletico sudah unggul lebih dulu melalui gol Torres. Namun setelah kartu merah, Barcelona bisa membalas dua gol melalui brace Luis Suarez. Di mata Ancelotti, hasil itu bukan dilatari sikap wasit asal Jerman, Felix Brych, yang cenderung membela Barcelona.

“Tidak pada level itu. Level wasit sangat tinggi. Terkadang wasit membuat kesalahan. Kadang kesalahan itu menguntungkan anda, dan kadang tidak. Saya mencoba menghormati pekerjaan wasit, yang memiliki tugas berat,” tutur mantan pelatih AC Milan dan Real Madrid itu.

“Brych mempunyai reputasi bagus di Eropa dan saya tidak merasak dia membantu Barcelona, meski dia pun bisa melakukan kesalahan yang orang lain bisa perbuat. Kartu merah juga bisa dipandang sebagai aksi naif Torres. Mungkin itu kesalahan wasit, tapi saya tak merasa Barcelona mendapat bantuan dari ofisial. Ketika Paris Saint-Germain yang saya latih tersingkir oleh Barcelona di Liga Champions tiga musim lalu, Lionel Messi masuk ke lapangan dan mengubah permainan (bukan wasit, Red). Itu juga kekuatan fans di Camp Nou,” beber Ancelotti lagi.

Ancelotti juga merasa, setiap tim yang menjadi lawan Barcelona harus memperhatikan tiga pemain utama yang berpotensi menghadirkan petaka. Selain Messi, Barcelona juga memiliki Neymar dan Luis Suarez.

“Barcelona punya tiga pemain penting, tiga penyerang. Terkadang anda harus menjaga Messi, dan waktu lainnya untuk Neymar dan Suarez. Sulit mengatakan siapa yang lebih penting antara ketiga pemain itu, tapi saya rasa di Barcelona, Messi masih nomor satu. Messi berbagi gelar pemain terbaik dunia dengan Cristiano Ronaldo. Keduanya memiliki kualitas berbeda, tapi sama-sama punya peran penting untuk tim masing-masing,” pungkas Ancelotti.