UEFA Euro 2016: Anggota EXCO RFS Minta Fans Rusia Teruskan Aksi Brutal Di Prancis

276

Anggota komite eksekutif Persatuan Sepak Bola Rusia (RFS), Igor Lebedev, mendukung sikap brutal para fans mereka di Piala Eropa 2016.

Para suporter Rusia mendapatkan sorotan tajam di gelaran Piala Eropa tahun ini. Seperti yang kita tahu, mereka berkali-kali terlibat bentrok dengan fans Inggris di kota Marseille beberapa hari silam. Akibatnya, UEFA mengancam akan mendiskualifikasi skuat asuhan pelatih Leonid Slutsky apabila kerusuhan masih terus terjadi.

Menteri olahraga Rusia, Vitaly Mutko, telah mengecam sikap brutal para suporter mereka. Namun, Lebedev memiliki pandangan yang berbeda.

Wakil ketua parlemen Rusia tersebut justru mendukung para suporter untuk melanjutkan aksinya. Ia menilai yang dilakukan para fans merupakan bentuk bela negara.

“Saya tidak melihat ada yang salah dengan aksi para fans yang berkelahi. Sebaliknya, saya ingin mereka melanjutkannya. Kerja bagus, kawan-kawan!,” tulis Lebedev melalui akun Twitternya seperti yang dikutip oleh Guardian.

“Saya tidak paham mengapa para politisi dan ofisial mengkritik para fans kami. Kita seharusnya melindungi mereka, dan kemudian baru kita selesaikan ketika mereka telah kembali ke Rusia.”

“Apa yang terjadi di Marseille dan kota-kota lainnya di Prancis bukanlah kesalahan para fans, tetapi ini adalah tentang ketidakmampuan dari polisi untuk menangani acara semacam ini dengan baik,” tambah dirinya.

Lebedev bahkan turut mengkritik Mutko, yang menurutnya akan ikut menyerang para fans Inggris apabila berada di tribun bersama dengan para suporter.

“Secara personal, saya berpikir jika Mutko berada di tribun dan tidak berperan sebagai ofisial, maka ia juga akan menyerbu fans Inggris. Merekalah yang mulai memprovokasi kami,” terang Lebedev.