Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

“Valencia Tak Takut Lagi Kepada Barcelona”

147

Pelatih Valencia, Pako Ayestaran, mengaku tak takut menghadapi Barcelona di Stadion Camp Nou pada Minggu (17/4). Ada dua faktor yang melatari, hasil positif Valencia usai mengalahkan Sevilla, serta tren negatif yang tengah dialami Barcelona.

Barcelona, dari lima pertandingan terakhir di semua ajang, baru sekali memetik kemenangan saat menjamu Atletico pada leg pertama babak perempat final Liga Champions. Sisanya, skuat asuhan Luis Enrique sudah menderita tiga kekalahan, termasuk 1-2 dari Real Madrid, 0-1 dari Real Sociedad, dan teranyar 0-2 di kandang Atletico yang sekaligus memupus asa melangkah ke babak semifinal Liga Champions.

Kondisi berbeda dialami Valencia yang belum lama menunjuk Ayestaran sebagai pelatih anyar. Memang, pada laga debutnya, Ayestaran harus rela anak asuhnya menelan kekalahan 1-2 dari Las Palmas. Akan tetapi, mereka mampu bangkit dengan kemenangan penting 2-1 saat menjamu Sevilla di Stadion Mestalla. Hasil itu yang diyakini membangkitkan semangat juang Alvaro Negredo dan kawan-kawan jelang lawatan ke Camp Nou.

“Saya merasa tak pernah merasakan takut menjelang pertandingan. Anda hanya merasa takut jika memiliki persiapan buruk dan tim saya sudah sangat bersiap,” bilang Ayestaran.

Namun, meski Barcelona sedang berada dalam tren negatif, Ayestarán justru merasa hal itu tidak memberi keuntungan kepada timnya. Jika disuruh memilih, dia lebih suka menghadapi Barcelona yang sedang dalam performa baik.

“Ketika menghadapi tim sebesar Barcelona yang gagal tampil baik dalam beberapa laga terakhir, itu berarti timnya sedang berada dalam titik perubahan. Saya lebih memilih menghadapi Barcelona yang sedang meraih hasil-hasil positif, karena dengan begitu anda bisa membuat kejutan,” sambung Ayestaran.

Bersama Ayestarán, berarti musim ini Valencia akan menghadapi Barcelona empat kali dengan tiga pelatih berbeda. Caretaker Nuno Espírito Santo, Salvador Gonzalez memimpin skuat kala El Che menahan imbang Barcelona di Divisi Primera jelang Natal. Sementara, bersama Gary Neville, dua kali pertemuan terjadi di Copa Del Rey, kala Valencia kalah 0-7 di Camp Nou dan imbang 1-1 pada leg kedua di Mestalla.