Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Xabi Alonso: Guardiola Mirip Mourinho

139

Pemain Bayern Munich, Xabi Alonso, pernah merasakan dilatih Jose Mourinho dan Josep Guardiola. Dia bilang bahwa kedua pelatih itu sebenarnya mempunyai kemiripan.

Sebelum hijrah ke Bayern, Alonso pernah bermain untuk Madrid. Saat itu, Los Blancos sedang dilatih oleh Mourinho. Bersama The Special One, mereka  berhasil memenangi sebanyak tiga trofi.

Saat keduanya memperkuat Madrid, Guardiola yang menjadi rival utamanya karena menangani Barcelona. Saat itu, Los Cules begitu dominan selama dilatih oleh Guardiola.

Kini, Alonso gantian merasakan dilatih Guardiola saat memperkuat Die Roten. Bersama Guardiola, Alonso sudah mencicipi satu trofi. Mereka mampu menjadi juara Liga Jerman musim lalu.

Soal Guardiola dan Mourinho, Alonso pun mengungkapkan penilaiannya. Keduanya disebut mempunyai banyak kesamaan.

“Mereka berdua merupakan pemimpin. Karakter karismatik yang tahu bagaimana memotivasi orang dan menaklukan mereka. Masing-masing mempunyai kepribadiannya sendiri, tapi ada banyak kemiripan di antara mereka,” kata Alonso di Marca.

“Keduanya sangat bersemangat, sebagai contohnya. Mereka tak cuma luar biasa saat mengungkapkan visinya pada sepak bola, tapi juga tahu bagaimana menghubungkan pemain dengan level psikologis,” tambahnya.

Alonso saat ini sedang menjalani musim terakhir dilarih oleh Guardiola. Di laga pertama paruh kedua Liga Jerman, Alonso baru saja membuat kesalahan dengan mencetak gol bunuh diri saat laga melawan Hamburg SV. Bayern memenangi laga itu dengan skor akhir 2-1.