Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Xabi Alonso: Mourinho dan Guardiola Sama Saja

158

Gelandang Bayern Muenchen, Xabi Alonso, mengutarakan adanya kemiripan antara dua pelatih, Josep Guardiola dan Jose Mourinho. Meski dalam beberapa aspek ada perbedaan mencolok antara keduanya, Alonso melihat ssecara personalitas, Mourinho dan Guardiola sama saja.

Alonso pernah berada di bawah asuhan Mourinho saat masih berseragam Real Madrid, dan dilatih Guardiola di Bayern. Karenanya, Alonso mengaku sudah sangat mengenal kedua figur pelatih terbaik dunia itu dalam hal taktik dan kepribadian.

“Ada beberapa hal, di sepak bola, di mana Mourinho dan Guardiola sangat berbeda. Akan tetapi ada hal-hal dalam kepribadian mereka yang saya lihat justru sama. Mourinho adalah figur yang 100% kompetitif dan ingin menang. Dia membangkitkan para pemain, klub, fans, dan mengubah hal-hal selain membuat kami bersaing. Dia bisa menyerang apa dia tidak disukai dan diinginkan tapi tidak didapat,” sebut Alonso kepada As.

Alonso juga pernah berada di bawah asuhan Carlo Ancelotti semasa di Santiago Bernabeu. Kebetulan, Ancelotti yang akan menggantikan tugas Guardiola di Bayern pada musim depan.

“Dengan Ancelotti, ada kenikmatan karena dia adalah seseorang yang pendengar. Dia punya pengaruh besar di ruang ganti dan dia tidak memberikan arahan yang tidak perlu,” kata Alonso.

Dia juga mengomentari mantan rekan setimnya di Madrid, Luka Modric, dan berbagi penilaian tentang para penggemar Real Madrid.

“Dia memiliki apa yang saya tidak punya. Umpan, bermain antara garis, dan dia dapat mengatur tempo. Penggemar? Fans Madrid tidak memberikan pujian, tapi tepuk tangan paling meriah yang saya dengar selamadi Bernabeu,” pungkasnya.