Berkenalan dengan LASK, Lawan Manchester United di Liga Europa

Football5star.com, Indonesia – Manchester United menembus 16 besar Liga Europa setelah menang agregat 6-1 atas Club Brugge. Di 16 besar nanti, mereka akan menghadapi LASK.

Yang menjadi pertanyaan banyak pihak adalah, siapa itu LASK? Dari mana klub tersebut berasal? Pertanyaan ini banyak berseliweran mengingat nama klub tersebut masih awam di telinga.

LASK adalah klub Austria yang memiliki nama lengkap Linzer Athletik-Sport-Klub. Kendati namanya baru terdengar, mereka adalah salah satu klub tertua di Austria yang berasal dari kota Linz.

lask
Daily Mail

Berdiri pada Agustus 1908, mereka jadi klub pertama di luar kota Wina yang mampu memenangkan trofi Bundesliga Austria pada 1964-1965 silam. Hingga saat ini itu jadi capaian tertinggi klub.

LASK sempat mengalami peleburan dengan klub sekota, FC Linz pada 1997 silam. Penyatuan tersebut membuat nama kota tempat mereka berasal dihapus dari logo klub.

Kendati punya sejarah panjang di kancah sepak bola Austria, klub yang kini dilatih mantan pemain Bayern Munich, Valerian Ismael, baru tiga musim terakhir berada di kasta tertinggi Austria. Sebelumnya mereka selama enam musim berjuang di kasta ketiga dan kedua Austria.

Terlepas dari keberadaan mereka di kasta tertinggi yang baru tiga musim terakhir, performa Grenot Trauner dkk tak bisa dianggap remeh. Musim lalu mereka berada di peringkat kedua Bundesliga, terpaut 12 angka di bawah RB Salzburg yang juara.

lask-valerian ismael
Daily Mail

Capaian tersebut membuat mereka berkesempatan mencicipi kualifikasi ketiga Liga Champions. Namun, laju tim asal Linz terhenti dari Club Brugge. Kegagalan itu pula yang mengantar mereka ke Liga Europa musim ini.

Lolosnya LASK ke 16 besar Liga Europa tak bisa dipisahkan dari aksi heroik mereka. Bagaimana tidak, mereka berada satu grup dengan klub-klub yang lebih berpengalaman seperti Sporting Lisbon dan PSV Eindhoven.

Namun, di ajang perdananya di Liga Europa, Dogan Erdogan dkk justru sukses mengalahkan Sporting Lisbon dan PSV. Tidak cukup sampai di situ, mereka juga memuncaki klasemen Grup D dengan 13 poin.

Di babak 32 besar, LASK kembali tampil digdaya dengan menyingkirkan klub Belanda lainnya, AZ Alkmaar. Performa apik klub yang pernah diperkuat Peter Stroeger sejatinya sudah terlihat sejak awal musim.

Di kancah domestik, mereka tampil luar biasa. Bahkan saat ini berada di puncak klasemen dengan keunggulan tiga poin dari sang juara bertahan, RB Salzburg.

Melihat dari capaian LASK sejauh ini, menarik ditunggu apakah mereka bisa melanjutkan kejutan dengan mengalahkan Manchester United di 16 besar.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More