Berusia 37 Tahun, Eks Chelsea & Barcelona Bakal Tampil Di Euro 2016

Mantan striker Chelsea dan Barcelona, Eidur Gudjohnsen, kembali dipanggil untuk memperkuat timnas Islandia di Euro 2016 yang akan bergulir Juni mendatang di Prancis.

Gudjohnsen memang tidak lagi muda, usianya saat ini sudah menginjak 37 tahun. Namun, pengalaman pemain yang juga pernah merumput bersama Bolton Wanderers, Stoke City dan Fulham itu masih dibutuhkan oleh Islandia yang berhasil lolos pertama kalinya dalam sejarah Euro.

Usai meninggalkan Bolton pada musim panas lalu, Gudjohnsen sempat meniti karier di Liga Cina bersama Shijiazhuang Ever Bright hingga November 2015. Dia menandatangani kontrak selama dua tahun bersama klub Norwegia, Molde, pada Februari lalu.

Berdasarkan sejarah, Gudjohnsen merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Islandia. Dia mencatatkan 84 penampilan di level internasional.

Prestasi Gudjohnsen juga cukup apik. Dia memenangi dua trofi Premier Legaue dan Liga Champions bersama Chelsea selain pernah membawa Barcelona menjuarai Divisi Primera.

Gudjohnsen sebetulnya telah memutuskan pensiun dari pentas internasional pada November lalu setelah Islandia gagal melaju ke Piala Dunia 2014 lantaran kalah dari Kroasia di babak play-off. Namun, dia kembali bermain untuk negaranya pada Maret 2015.

Dari 10 laga kualifikasi Euro, Gudjohnsen tampil sebanyak tiga kali dan menyumbangkan satu gol. Sebelum masuk dalam skuat untuk berlaga di Euro 2016, dia sempat terancam tidak dipilih oleh pelatih Heimir Hallgrímsson.

Beruntung, Gudjohnsen ditampung oleh Molde selepas meninggalkan Cina. Bersama klub asuhan eks striker Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, dia mendapat jatah bermain reguler hingga mendapat kepercayaan untuk tampil di Euro 2016.

Comments
Loading...