Best XI Liga Inggris 2019-2020: Liverpool mendominasi

Football5star.com, Indonesia – Liga Inggris musim 2019-2020 sudah selesai digelar. Seperti yang diketahui Liverpool keluar sebagai juara sejak kompetisi memasuki pekan ke-31.

Kendati persaingan juara sudah berakhir pada pekan ke-31 bukan berarti Liga Inggris kekurangan gengsi hingga pekan terakhir. Persaingan merebut tempat Eropa dan degradasi justru mencapai puncaknya pada laga pamungkas.

Kerja keras para pemain untuk memberikan yang terbaik di klub membuat mereka layak masuk tim terbaik Liga Inggris musim ini. Berikut adalah best XI Liga Inggris musim 2019-2020 versi Football5star:

Formasi 4-3-3

Kiper: Ederson Moraes (Manchester City)

Ederson tampil apik dalam pertandingan Manchester City melawan Crystal Palace.
footballtransfertavern.com

Manchester City memang gagal mempertahankan gelar liga musim ini. Tapi kiper andalan mereka, Ederson Moraes, masih mampu mempertahankan performa gemilang.

Terbukti ia jadi kiper yang mencatatkan cleansheet terbanyak Premier League musim ini dengan 16 cleansheet. Keberhasilannya itu pun berbuah gelar golden glove musim 2019-2020

Bek Kanan: Trent Alexander-Arnold

Trent Alexander-Arnold - Liverpool - The Sun
The Sun

Liverpool sangat beruntung memiliki talenta muda seperti Trent Alexander-Arnold. Pada usianya yang baru menginjak 21 tahun ia sudah membuat 13 assist musim ini dan empat gol.

Torehan ini menjadikan Trent Alexander-Arnold sebagai bek paling produktif musim ini. Performa gemilangnya pun berbanding lurus dengan prestasi Liverpool musim ini.

Bek Tengah: Harry Maguire

Harry Maguire Saya Belajar Banyak dari Rio Ferdinand
Metro

Langsung didapuk sebagai kapten pada musim perdana membuat Harry Maguire jadi pemain berpengaruh di Manchester United. Kedisiplinannya pula yang membuat Setan Merah berada di urutan ketiga sebagai klub paling sedikit kebobolan musim ini.

Konsistensi permainannya juga membawa Manchester United bangkit pada paruh kedua liga. Sempat berada di peringkat keenam, ia berhasil membawa timnya naik ke urutan ketiga dan menembus Liga Champions.

Bek Tengah: Virgil van Dijk

Virgil van Dijk kecewa Liverpool tumbang di tangan Chelsea pada babak 16-besar Piala FA.
wfsb.com

Berstatus pemain terbaik Liga Inggris musim lalu tidak membuat Virgil van Dijk terbebani musim ini. Penghargaan tersebut ia jadikan sebagai pemicu semangat untuk memenangkan Premier League.

Selain jadi tembok pertahanan Liverpool yang kokoh, Van Dijk juga kerap menjadi momok menakutkan di depan gawang lawan. ini jadi musim paling produktif untuk kapten timnas Belanda dengan mencetak lima gol di Liga Inggris.

Bek Kiri: Andy Robertson

@LFC Liverpool Andy Robertson
@LFC

Andy Robertson adalah pemain yang memiliki determinasi tinggi. Ia hampir tidak pernah terlihat letih tiap bermain. Bek asal Skotlandia mampu bertahan dan menyerang dengan sama baiknya.

Dia adalah pembuat assist terbanyak kedua di Liverpool. Musim ini Andy Robertson telah membukukan 12 assist, hanya terpaut satu assist dari Trent Alexander-Arnold.

Gelandang: Jordan Henderson

jordan henderson-liverpool-LFC
@LFC

Dominasi Liverpool pada best eleven musim ini ditutup oleh sang kapten, Jordan Henderson. Henderson adalah motor serangan The Reds.

Dia pengatur tempo permainan tim. Kapan harus menyerang dan bertahan ditentukan oleh insting Henderson. Walau perannya tidak terlalu mencolok, permainan Liverpool akan terasa berbeda jika ia tidak hadir di lapangan.

Gelandang: Kevin De Bruyne

Kevin de Bruyne - Manchester City - Newcastle United - Piala FA - Rappler
Rappler

Tidak ada yang meragukan kehebatan Kevin De Bruyne. Musim ini dia digadang-gadang akan menyabet gelar pemain terbaik Premier League.

Kevin De Bruyne kembali menegaskan diri sebagai raja assist. Musim ini gelandang asal Belgia telah mencetak 13 gol dan 20 assist. Torehan ini menjadikannya sebagai pemain dengan koleksi assist terbanyak dalam semusim kompetisi

Gelandang: Bruno Fernandes

FIFA - Bruno Fernandes - Manchester United - Sporting CP - Sampdoria - uefa. com
uefa.com

Entah apa jadinya Manchester United jika tidak mendatangkan Bruno Fernandes Januari lalu. Ia adalah pembeda dan jadi faktor utama di balik kebangkitan United pada paruh kedua liga.

Pemain 25 tahun langsung mencetak delapan gol dan tujuh assist pada musim pertama. Hebatnya lagi catatan itu ia bukukan dari 17 pertandingan saja.

Penyerang Kanan: Raheem Sterling

Brace saat lawan Watford membuat Raheem Sterling kini menyamai perolehan gol Mohamed Salah di daftar top skorer Liga Inggris 2019-20.
standard

Berbeda dari musim-musim sebelumnya, Manchester City tidak mengirim stirker murni sebagai pencetak gol terbanyak klub. Justru nama Raheem Sterling yang muncul sebagai top skorer keempat Liga Inggris musim ini.

Pemain yang berposisi asli sebagai winger kiri sukses mencetak 20 gol. Lebih hebat lagi, dia dua kali menorehkan hat-trick saat menghadapi West Ham United pada pekan pertama dan kala berhadapan dengan Brighton pada pekan ke-34.

Penyerang Kiri: Pierre-Emerick Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang gagal mempertahankan gelar top skorer Liga Inggris meskipun mencetak 22 gol seperti musim lalu.
standard

Arsenal lagi-lagi harus berpangku tangan pada striker andalannya, Pierre-Emerick Aubameyang. Aubameyang memang gagal membawa The Gunners ke kompetisi Eropa musim depan. Tapi jika tanpa dirinya nasib Arsenal bisa jauh lebih buruk lagi.

Torehan 22 gol adalah bukti betapa vitalnya peran striker asal Gabon. Artinya hampir separuh gol Meriam London musim ini berasal dari kaki dan kepalanya.

Penyerang Tengah: Jamie Vardy

Jamie Vardy kembali mendongeng dengan menjadi top skorer Liga Inggris 2019-20 dalam usia 33 tahun.

Tidak ada yang menyangka jika Jamie Vardy akan keluar sebagai top skorer musim ini. Sang bomber musim ini sukses menyarangkan 23 gol. Hal ini sekaligus menjadikannya sebagai top skorer tertua dalam sejarah Premier League.

Saat ini Jamie Vardy berusia 33 tahun. Sayang, ia gagal membawa Leicester City menembus Liga Champions setelah terpeleset pada pekan terakhir.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More