Bisakah Vardy Lewati Rekor Messi?

Jamie Vardy baru saja memecahkan rekor Ruud Van Nistelrooy setelah mencetak gol ke gawang Manchester United, Sabtu (28/11) lalu. Striker Leicester City itu selalu mencetak gol dalam 11 laga beruntun di Liga Inggris.

Soal mencetak gol beruntun, Vardy sudah menjadi yang terbaik di Inggris selama era Premier League. Namun, bisakah dia menyamai atau bahkan melewati rekor Lionel Messi, sang pemain terbaik di dunia?

Pada tahun 2012 sampai 2013, Messi mencatatkan rekor fantastis, yaitu selalu mencetak gol dalam 21 laga berturut-turut di Liga Spanyol. Torehan itu dibuat Messi mulai bulan November 2012 dan berakhir pada Mei 2013. Selama 21 laga itu, Messi membukukan 33 gol. Di akhir musim 2012-13, dia total menyarangkan 46 gol ke gawang lawan.

Mari kita berandai-andai Vardy selalu fit dan selalu mencetak gol di setiap laganya. Jika itu terjadi, dia akan menyamai rekor Messi saat berhadapan dengan Liverpool di awal Februari. Saat melawan Manchester City beberapa hari kemudian, Vardy pun bisa memecahkan rekor Messi dengan mencetak gol di 22 laga beruntun.

Namun, sebelum mengejar rekor Messi, masih banyak catatan yang menantinya lebih dahulu. Jika mencetak gol ke gawang Swansea City akhir pekan ini, Vardy bakal menyamai rekor Jimmy Dunne, pemain Sheffield United yang mencetak gol di 12 laga beruntun liga kasta teratas Inggris pada 1931-32.

Sedangkan, rekor terbaik pada liga kasta teratas Inggris masih dipegang Stan Mortensen. Dia mencetak gol di 15 laga berturut-turut bersama Blackpool di musim 1950-51.