Bjorn Kuipers Jadi Juru Selamat PSG di Kandang Barcelona?

Football5Star.com, Indonesia – Tengah pekan ini, perhatian para pencinta sepak bola akan kembali tertuju pada laga-laga Liga Champions. Satu laga yang akan jadi perhatian utama tentu saja Barcelona vs PSG di Camp Nou, Rabu (17/2/2021) dini hari WIB, yang akan diwasiti Bjorn Kuipers.

PSG akan datang sebagai underdog pada laga leg I babak 16-besar Liga Champions tersebut. Selain berstatus tim tamu, mereka juga tak diperkuat Neymar dan Angel Di Maria. Lalu, sepanjang sejarah, Les Parisiens belum pernah menang di kandang Barcelona.

Kini, asa PSG akan tertumpah pada faktor eksternal, tepatnya sosok wasit Bjorn Kuipers. Kepastian wasit Belanda itu yang akan memimpin laga Barcelona vs PSG jadi angin segar bagi Mauricio Pochettino dan anak-anak asuhnya.

Laga Barcelona vs PSG yang dipimpin Bjorn Kuipers pada 2013 berakhir imbang 1-1.
Getty Images

Les Parisiens punya catatan apik saat menjalani laga yang diwasiti Kuipers. Dalam lima kesempatan, mereka tak pernah kalah. Dua di antaranya bahkan mampu dimenangi. Adapun tiga lainnya berakhir imbang. Salah satunya adalah saat menghadapi Barcelona.

Kuipers adalah wasit yang memimpin laga Barcelona vs PSG pada leg II perempat final Liga Champions 2012-13. Pertandingan itu berakhir 1-1. Les Parisiens unggul terlebih dahulu lewat gol Javier Pastore pada menit ke-50. Namun, El Barca menyamakan kedudukan berkat gol Pedro Rodriguez pada menit ke-71.

Akan tetapi, hasil akhir laga yang dipimpin Kuipers itu tak menyenangkan bagi PSG. Mereka gagal lolos ke semifinal. Pasalnya, pada leg I di kandang sendiri, mereka imbang 2-2 dengan Barcelona. Tak pelak, mereka pun kalah agresivitas gol tandang.

Kuipers Juga Azimat Barcelona

Barcelona menang 3-0 atas Liverpool pada laga kandang terakhir yang dipimpin Bjorn Kuipers.
Getty Images

Menilik catatan apik itu, PSG tentu dapat berharap lolos dari kekalahan saat menjalani laga leg I babak 16-besar Liga Champions nanti. Namun, perjuangan tetap akan sangat berat. Itu karena Bjorn Kuipers juga ternyata jadi azimat Barcelona.

El Barca tercatat sudah 10 kali diwasiti Kuipers dengan hasil 5 kali menang, 4 kali seri, dan 1 kali kalah. Satu-satunya kekalahan dialami saat bertandang ke markas Celtic FC pada 2012. Adapun di Camp Nou, mereka membukukan 3 kemenangan dan 2 hasil imbang.

Dalam dua kesempatan terakhir menjalani laga kandang dengan Bjorn Kuipers sebagai pengadil, Barcelona mencatatkan clean sheet saat menghadapi dua tim raksasa Eropa. Juventus ditahan 0-0, lalu Liverpool digasak 3-0. Tak pelak, El Barca bisa sangat optimistis juga menatap laga lawan PSG nanti.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More